Komputer Organik dengan Memanfaatkan Otak Tikus

Minggu, 19 Juli 2015 - 17:32 WIB
Komputer Organik dengan Memanfaatkan Otak Tikus
Komputer Organik dengan Memanfaatkan Otak Tikus
A A A
NEW YORK - Sebuah penelitian yang dilakukan seorang neurobiologis di Duke University Medical Center bernama Miguel Nicolelis berhasil membuat sebuah komputer organik dengan memanfaatkan otak tikus.

Komputer organik yang diberi nama Brainet ini berhasil melakukan tugas selayaknya sebuah komputer biasa, bedanya komputer ini memanfaatkan otak tikus yang masih hidup.

Cara untuk membuat komputer organik, Nicolelis memanfaatkan empat ekor tikus besar. Empat otak dari empat ekor tikus tersebut dihubungkan dengan menggunakan elektroda mikroskopik. Dengan metode ini, setiap ekor tikus pun berhasil memperoleh informasi secara real time dari tikus lain.

Komputer organik Brainet ini pun diklaim mempunyai kemampuan untuk melakukan prediksi dengan akurasi mencapai 41%. Tujuan akhir dari penelitian ini adalah untuk membuat perangkat bagi para penderita kecacatan pada otak.

Terlebih brainet ini juga bisa melakukan berbagai hal seperti pemrosesan gambar, penyimpanan data serta mengingat sebuah informasi. Selain tikus sebagai objek penelitian Nicolelis juga melakukan penelitian serupa dengan memanfaatkan dua ekor monyet.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7607 seconds (0.1#10.140)