Ini Robot Aktris Pertama

Senin, 02 November 2015 - 19:57 WIB
Ini Robot Aktris Pertama
Ini Robot Aktris Pertama
A A A
TOKYO - Pembuat film asal Jepang telah menciptakan bintang film robot, sebagai aktris android yang memiliki peran utama. Robot ini akan bersanding dengan manusia untuk film Sayonara, pasca krisis tenaga nuklir yang mematikan di Jepang.

Dilansir dari Dailymail, Senin (2/11/2015), robot ini bernama Geminoid F, dirancang dapat melihat dan bertindak seperti manusia kulit dan wajah wanita berbahan karet. Tapi tidak mampu berjalan dan berputar.

Geminoid F berperan sebagai Leona dalam film, disebut sutradara Koji Fukada sebagai aktris. Untuk sebagian besar robot dalam banyak film, dimainkan oleh aktor nyata atau dibuat menggunakan efek visual.

Geminoid F diproduksi oleh Hiroshi Ishiguro, seorang desainer robot ternama di Universitas Osaka di barat Jepang, seharga 776.000 pound atau setara dengan Rp16,37 miliar.

Geminoid F bisa tersenyum, mengerutkan alis dan menggerakkan mulutnya. Dia juga dapat berbicara dan bernyanyi. Robot ini dilengkapi dengan aktuator bermotor, didukung oleh tekanan udara, yang memungkinkan dia untuk menyontoh ekspresi wajah manusia. Dalam film tersebut, dia dikendalikan dari jarak jauh dari laptop.

Ishiguro telah merancang beberapa robot yang dibuat agar terlihat seperti manusia. Profesor itu mengatakan bahwa suatu hari robot bisa menipu kita, sehingga kita percaya jika mereka adalah manusia.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6790 seconds (0.1#10.140)