Ilmuwan Jepang Ciptakan Hologram yang Bisa Disentuh

Kamis, 03 Desember 2015 - 14:35 WIB
Ilmuwan Jepang Ciptakan Hologram yang Bisa Disentuh
Ilmuwan Jepang Ciptakan Hologram yang Bisa Disentuh
A A A
TOKYO - Hologram selama ini dikenal sebagai objek tiga dimensi yang tidak akan bereaksi saat disentuh. Namun sekelompok ilmuwan di Jepang melakukan inovasi dengan tekonologi hologram, yang dapat disentuh oleh manusia.

Menggunakan teknologi laser femtosecond, ilmuwan Jepang itu mengembangkan ‘Fairy Light’, yaitu sebuah sistem yang dapat menembakkan sinar laser berfrekuensi tinggi, yaitu sepersejuta miliar per detik.

Istimewanya Sinar laser ini dapat disentuh oleh manusia, dan piksel hologram dapat dimanipulasi di udara. Hologram ini sedang dalam tahap pengujian di University Center for Optical Research and Education.

Seperti dilansir dari Headlines Pulse, Kamis (3/11/2015), saat disentuh, permukaan hologram akan terasa seperti sedang memegang kertas amplas yang keras dan kasar. Ditemukannya penemuan baru ini, kedepannya dapat memungkinkan manusia dapat berinteraksi dengan hologram.

“Jika sebuah gambar visual berformat tiga dimensi dimunculkan dan Anda bisa menyentuhnya, Anda bisa membuat suatu ilustrasi visual lain menjadi lebih nyata,” ucap Tsukuba, salah satu peneliti dari University Center for Optical Research and Education.

Hasil dari pengembangan yang lebih lanjut dari teknologi ini memungkinkan untuk membuat keyboard komputer yang terbuat dari cahaya atau memungkinkan pengguna video chat untuk mengalami sentuhan virtual dengan lawan bicara mereka. Penasaran, klik link berikut ">Fairy Lights in Femtoseconds
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1291 seconds (0.1#10.140)