Robot Ini Bisa Manjat Dinding

Rabu, 30 Desember 2015 - 14:52 WIB
Robot Ini Bisa Manjat Dinding
Robot Ini Bisa Manjat Dinding
A A A
ALEX Honnold dan Chris Sharma sebaiknya lebih berhati-hati. Pasalnya, kedua legenda panjat tebing itu akan memiliki rival. Temui Vertigo, sebuah robot baru yang benar-benar dapat memanjat dinding.

Dikutip dari Pcmag, Rabu (30/12/2015), robot ini dikembangkan Penelitian Disney Zurich bekerja sama dengan ETH University. Vertigo belum siap untuk mengambil Yosemite Triple Crown dalam waktu dekat, tapi ia mampu melawan gravitasi dengan transisi dari tanah ke dinding.

Robot tersebut memilii empat roda, dua baling-baling dimiringkan untuk mendorong ke dinding, memungkinkan bergerak pada permukaan vertikal. "Bahkan lebih lincah dan cepat meski di medan berbatuan," kata juru bicara perusahaan.

"Terdapat pilihan dua baling-baling sehingga memungkinkan transisi dari lantai mendorong ke dinding. Untuk mendorongnya ke dinding menggunakan baling-baling belakang, dan ke arah atas dengan menggunakan baling-baling depan, sehingga dapat melipat ke dinding," kata perwakilan Disney dan ETH.

Tim mengatakan, salah satu tantangan terbesar adalah memaksimalkan rasio antara output dorong dan berat kendaraan. Memiliki baseplate serat karbon untuk mengurangi berat badan, sementara roda dan sistem suspensi yang dibuat dari bagian cetak 3D dan batang karbon.

Robot ini juga memiliki dua pendorong, yang dipasang dengan menggunakan dua cincin suspensi Cardan seperti kompas.

"Servomotors Terpadu memungkinkan cincin dalam dan luar untuk dipindahkan secara independen satu sama lain. Semua kekuatan diperlukan untuk mendorong dari lantai ke dinding dan bahkan mampu hingga ke langit-langit," papar juru bicara tersebut.

Vertigo dapat dikontrol oleh operator manusia seperti mobil remote control. Kabarnya, robot ini akan dikembangkan untuk dapat melakukan perjalanan secara indoor dan outdoor.
(dyt)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8687 seconds (0.1#10.140)