Drone OS Wifanusa Ciptaan Ongen Andalan TNI AD

Rabu, 10 Februari 2016 - 20:58 WIB
Drone OS Wifanusa Ciptaan Ongen Andalan TNI AD
Drone OS Wifanusa Ciptaan Ongen Andalan TNI AD
A A A
JAKARTA - Drone OS Wifanusa ciptaan sang maestro Yulian Paonganan alias Ongen akan menjadi alat canggih TNI Angkatan Darat (AD). Kemampuannya mendarat di segala medan menjadi kelebihan OS Wifanusa dibanding drone lain.

Drone tersebut dipajang di Mabes TNI Angkatan Darat bertepatan dengan Focus Group Discussion (FGD) selama dua hari, pada 10-11 Februari 2016.

Staf Ahli Kepala Staf TNI AD (Kasahli Kasad), Mayjen TNI Turmarhaban Rajagukguk mengatakan, untuk menunjang tugas pokoknya TNI AD membutuhkan alutsista pesawat terbang tanpa awak. "Ini adalah bagian dari modernisasi alutsista untuk mendukung tugas pokok TNI AD. Drone salah satu kebutuhan kita," ujarnya, dalam sebuah keterangan tertulis yang diterima Sindonews, Rabu (10/2/2016).

Dari sekian drone yang dipamerkan, OS Wifanusa satu-satunya yang bisa take off dan landing di air dan landasan darat. Hal ini cocok untuk Indonesia yang mayoritas wilayahnya adalah laut.

"Drone ini kan salah satu prototipe yang nantinya kita akan kaji sehingga seperti apa yang kita butuhkan baik untuk tugas operasi militer perang maupun tugas operasi militer selain perang," imbuhnya.

Diketahui, OS Wifanusa yang dipesan Kementerian Pertahanan sebanyak tiga unit. Rencananya dua unit untuk perbatasan dan satu unit untuk pengawasan ZEE Natuna. Drone ini dilengkapi tiga kamera super canggih.

Kemampuan terbang drone buatan Ongen tersebut bisa mencapai 800 km dengan lama terbang (endurance) 8-10 jam. Selain itu, drone ini menggunakan sistem kendali jarak jauh (autonomous system) yang tercanggih di dunia dan sudah mendapat sertifikat uji litbang dari TNI AL dan Sertifkat TKDN 28,01% dari Kemenperin.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7708 seconds (0.1#10.140)