Ongen Rampungkan Desain Kapal Tanpa Awak

Minggu, 15 Mei 2016 - 20:19 WIB
Ongen Rampungkan Desain Kapal Tanpa Awak
Ongen Rampungkan Desain Kapal Tanpa Awak
A A A
JAKARTA - Ide Yulian Paonganan membuat kapal tanpa awak akan segera terwujud. Usai bebas dari Rutan Cipinang, pria yang akrab disapa Ongen ini langsung mematangkan desain kapal tersebut.

Dia mengatakan kapal yang dirancang untuk mengawasi perbatasan laut ini memiliki endurance 10 jam dan kecepatan 10 knot. "Kapal ini juga memiliki kamera canggih dan bisa bawa rudal," ujarnya, dalam keterangan tertulis, Minggu (15/5/2016).

Rencanannya kapal yang memiliki panjang 17 meter dan lebar 6 meter ini akan mulai dibuat prototype-nya pada Agustus mendatang. "Ini merupakan desain, kita akan buat prototype-nya terlebih dahulu. Semoga ini bisa membantu pertahanan Indonesia," kata Ongen.

Ide pembuatan kapal ini muncul setelah Ongen sukses membuat pesawat tanpa awak (drone) yang saat ini dalam proses akhir untuk keperluan Kementerian Pertahanan. "Sebagai negara yang 2/3-nya laut, maka kita membutuhkan alutsista yang canggih, drone dan kapal tanpa awak ini semoga bisa menjadi jawaban, akan masih kurangnya kekuatan pertahanan laut kita," jelas doktor maritim lulusan IPB ini.

Ongen mengaku sebagai anak bangsa dan akademis yang bergerak di bidang kelautan mengharapkan Indonesia benar-benar berjaya tidak hanya di darat dan udara, laut sebagai halaman depan bangsa harus menjadi prioritas utama.

"Saya berharap ide kapal tanpa awak ini kembali mendapat dukungan masyarakat. Mari kita jadikan bangsa Indonesia yang tangguh, berdaulat dan disegani bangsa luar," tandasnya.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7297 seconds (0.1#10.140)