iBot Kursi Roda Super Canggih

Rabu, 22 Juni 2016 - 18:52 WIB
iBot Kursi Roda Super Canggih
iBot Kursi Roda Super Canggih
A A A
LOS ANGELES - Era robot memang sudah di depan mata bahkan Toyota Motor Corp kini ikut berperan mengembangkan iBot, robot kursi roda bermotor four-wheel-drive yang mampu berjalan di medan kasar dan memanjat tangga. Kursi roda ini digadang-gadang akan menjadi kursi super canggih, yang mampu membantu tugas manusia.

Seperti dilansir mashable, Rabu (22/06/2016), Toyota Motor Corp, yang tahun lalu menanam uang US$1 miliar untuk prakarsa robotik, mengumumkan bekerja sama dengan Deka Research dan Development milik Dean Kamen untuk mengembangkan lebih jauh kursi roda iBot yang dibuat tahun.

Pemilik hak sebelumnya Johnson & Johnson memproduksi kursi roda itu dari tahun 2003 hingga 2009. Mereka menghentikan produksinya dan ini diprotes oleh para penggemarnya juga oleh para pencinta benda robotik yang membayangkan sistem pengendali iBot yang serbaguna sebagai dasar bagi robot domestik yang tangguh.

Mengutip batasan sertifikasi dari Amerika Serikat, Johnson & Johnson tidak pernah menjual platform mereka kepada pembuat perangkat robotik. Mesin buatan Toyota/Deka ini ditandai dengan kemampuan “berdiri” di dua roda, bisa menambah ketinggian pengguna untuk menjangkau, misalnya, lemari dapur atau buku di rak.

Untuk mencapai ketinggian yang diinginkan, mesin ini mengalihkan kerangka four-wheel-nya, mengangkat roda bagian depan dan berdiri seimbang di dua roda belakang. Namun Toyota dan DEKA belum mengumumkan harga iBot 2.0, tetapi versi asli harganya sampai US$25.000 (sekitar Rp 339 juta).
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6238 seconds (0.1#10.140)