Perusahaan Startup Rancang Drone Sebesar Boeing untuk Antar Barang

Kamis, 30 Maret 2017 - 20:02 WIB
Perusahaan Startup Rancang  Drone Sebesar Boeing untuk Antar Barang
Perusahaan Startup Rancang Drone Sebesar Boeing untuk Antar Barang
A A A
NEW YORK - Pada awalnya, Drone didesain sebagai alat pengintai angkatan militer. Namu seiring perkembangannya, Drone saat ini menjadi salah satu perangkat dokumentasi terpopuler.

Uniknya, sebagaimana dilansir dari Engadget, Kamis (30/3/2017), perusahaan startup bernama Nautilus baru-baru ini mengembangkan Drone sebagai alat pengiriman barang. Hal ini untuk mengatasi mahalnya biaya pengiriman barang melalui udara.

Dimana biaya pengiriman udara menjadi mahal lantaran pesawat membutuhkan kru khusus dengan jam terbang dan biaya pelatihan yang lebih mahal. Sementara jika menempuh jalur laut, tentunya paket yang dikirim akan tiba lebih lama. Hal ini lah yang dianggap sebagai peluang oleh Nautilus.

Dalam hal ini, Drone yang digunakan juga bukan drone biasa. Drone ini memiliki ukuran yang sangat besar dengan panjang hingga 60 meter atau setara dengan pesawat Boeing 777.

Dengan menggunakan Drone, pengiriman tidak membutuhkan pilot atau kru khusus. Drone ini akan terbang secara otomatis dan mampu mengangut kargo hingga 90 ton.

Selain itu, perusahaan mengklaim penggunaan Drone mampu mengurangi biaya pengiriman udara hingga 50 persen. Bahkan Drone tuntuk dapat mendarat dan tinggal landas di laut sehingga bisa bertengger di pelabuhan peti kemas.

Satu masalah yang dihadapi Nautilus saat ini adalah pendanaan. Ia masih merupakan perusahaan kecil dengan nilai kurang dari USD1 juta dan hanya memiliki tiga pegawai tetap. Meski begitu, dalam waktu dekatNautilus berencana memamerkan prototipe drone-nya guna mendapatkan investor.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.7504 seconds (0.1#10.140)