Pembalut Luka Pintar Akan Segera Diluncurkan

Rabu, 19 April 2017 - 09:08 WIB
Pembalut Luka Pintar Akan Segera Diluncurkan
Pembalut Luka Pintar Akan Segera Diluncurkan
A A A
LONDON - Pembalut luka pintar yang mampu mendeteksi bagaimana luka sedang masa pemulihan dan mengirim informasi itu kepada dokter akan diuji dalam 12 bulan lagi.

Seperti dilansir dari BBC, pembalut yang menggunakan teknologi real time 5G untuk memantau pengobatan yang diperlukan dan juga mendeteksi tingkat aktivitas pasien dikembangkan oleh Institut Ilmu Pengetahuan Universitas Swansea.

Proyek itu merupakan bagian dari perjanjian Swansea Bay City senilai 1,3 miliar pound yang bertujuan menciptakan pusat tes 5G bagi inovasi digital.

Ketua Institut Ilmu Pengetahuan Universitas Swansea, Prof. Marc Clement mengatakan, pembalut pintar itu menggunakan teknologi nano untuk mendeteksi kondisi cedera pada satu waktu tertentu.

"Pembalut itu akan menghubungkan cedera ke infrastruktur 5G dan infrastruktur melalui telepon dan akan mengetahui tentang diri Anda terutama lokasi dan bagaimana Anda aktif pada nantinya," katanya.

Clement menambahkan, jika semua informasi itu digabungkan, dokter akan mengetahui perkembangan tentang cedera tertentu sebelum menyesuaikan protokol perawatan untuk individu dan luka bersangkutan.

Jelasnya, metode pengobatan tradisional membutuhkan dokter bertemu dengan pasien dan memberitahu pendekatan pengobatan yang harus diambil selama sebulan atau tiga bulan.

"Apa yang dibawa pada masa depan adalah sebuah dunia di mana ada kemampuan untuk mengubah perawatan kepada individu, gaya hidup dan pola kehidupan," katanya.

Sementara itu dia mengatakan, ahli dalam bidang teknologi nano akan mengembangkan sensor kecil sementara printer tiga dimensi (3D) di lembaga bersangkutan digunakan untuk memproduksi pembalut yang akan mengurangi biaya perangkat terbabit.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3626 seconds (0.1#10.140)