Peneliti Kembangkan Teknologi Terjemahkan Pikiran Jadi Kata-kata

Selasa, 02 Mei 2017 - 09:02 WIB
Peneliti Kembangkan...
Peneliti Kembangkan Teknologi Terjemahkan Pikiran Jadi Kata-kata
A A A
TOKYO - Kemajuan teknologi telah membuat kehidupan manusia menjadi lebih mudah. Terlebih lagi dengan adanya smartphone kini semuanya dapat dilakukan hanya melalui genggaman tangan.

Uniknya, baru-baru ini sekelompok peneliti dari Toyohashi University of Technology Jepang bersama Facebook dan Elon Musk tengah menguji sebuah teknologi baru. Kabarnya teknologi dikembangkan untuk dapat menterjemahkan sebuah pemikiran menjadi menjadi kata-kata melalui perangkat smartphone.

Dalam uji coba yang dilakukan, para peneliti menggunakan robot untuk menterjemahkan kat yang diucapkan. Berdasarkan Electroencephalogram (EEG) brain scan, teknologi ini berhasil menterjemahkan angka dari 0 sampai 9 dengan akurasi 90%. Sedangkan dalam menguraikan suku kata tunggal, teknologi ini mampu mencapai akurasi 61%.

“Hingga saat ini, penguraian suara dari sinyal EEG tengah mengalami kesulitan dalam mengumpulkan data yang cukup untuk memungkinkan penggunaan algoritma yang kuat berdasarkan ‘pembelajaran mendalam’ atau jenis pembelajaran mesin lainnya,” ujar pihak Toyohashi University, dilansir dari Futurism, Senin (1/5/2017).

Meski masih dalam tahap pengujian, namun para ppeneliti cukup optimis dengan teknologi besutannya. Pasalnya mereka juga tengah berkontribusi untuk teknologi antarmuka brain-computer milik Elon Musk, Neuralink, di mana perangkat ini mampu menerjemahkan secara efektif pemikiran ke dalam kata-kata yang dapat didengar.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0455 seconds (0.1#10.140)