Inilah Makhluk Hidup yang Tak Bisa Dimusnahkan di Bumi

Minggu, 16 Juli 2017 - 08:00 WIB
Inilah Makhluk Hidup yang Tak Bisa Dimusnahkan di Bumi
JAKARTA - Kita sering berbicara tentang apakah manusia bisa bertahan dalam peristiwa bencana besar, seperti asteroid besar yang menghantam bumi. Namun tahukah Anda seandainya bencana itu memusnahkan umat manusia, ternyata masih akan ada makhluk hidup lain yang akan terus berlanjut.

Namanya, tardigrade (juga disebut beruang air). Dia adalah spesies hidup yang paling tidak dapat dihancurkan di dunia.

Kesimpulan ini diambil karena walaupun dibekukan selama 30 tahun dan kemudian dicairkan, tardigrade masih bisa hidup. Mereka pun mampu menghasilkan keturunan.

Rusia juga mengklaim bahwa tardigrades ditemukan menempel di Stasiun Antariksa Internasional, tetap hidup walaupun terpapar ruang hampa udara. Peneliti bahkan memetakan genom mereka untuk mengetahui apakah dapat menerapkan perlindungan alami tardigrades kepada umat manusia.

Periset di Universitas Oxford menguji tiga kejadian bencana besar yang potensial terjadi dan dapat memengaruhi bumi agar dapat melihat apakah tardigrades bisa bertahan. Tiga bencana besar itu ialah hantaman asteroid, cahaya supernova matahari, dan ledakan sinar gamma.

"Mengejutkan, kami menemukan bahwa walaupun supernova terdekat atau dampak asteroid yang besar akan menjadi bencana bagi manusia, tardigrades tidak akan terpengaruh," kata Dr David Sloan, salah satu peneliti. "Karena itu mereka sulit dilenyapkan sama sekali," imbuhnya seperti yang dipublikasikan di Nature.

Studi ini memperjelas bahwa begitu kehidupan ada di dunia, sulit untuk menghapus sepenuhnya. Bahkan dalam menghadapi kejadian bencana hebat sekalipun.
(mim)