Presiden Rusia Yakin Kecerdasan Buatan Akan Dominasi Dunia

Senin, 04 September 2017 - 17:56 WIB
Presiden Rusia Yakin Kecerdasan Buatan Akan Dominasi Dunia
Presiden Rusia Yakin Kecerdasan Buatan Akan Dominasi Dunia
A A A
MOSCOW - Dari berbagai macam teknologi yang dikembangkan, kecerdasan buatan atau Artificial intelligence (AI) jadi salah satu yang paling santer terdengar.

Bahkan, Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan siapapun yang meraih kesuksesan dalam pengembangan kecerdasan buatan akan bisa mendominasi dunia.

Putin saat bertemu dengan mahasiswa di Tanah Air, mengatakan bahwa pengembangan arena kecerdasan buatan meningkatkan peluang dan ancaman besar yang sulit diharapkan saat ini.

Dia mengingatkan bahwa siapa pun yang menjadi pemimpin di bidang ini akan mendominasi dunia.

Sebenarnya, pemimpin Rusia tersebut bersedia membagikan pengetahuan mereka tentang kecerdasan buatan dengan negara lain.

Putin juga meramalkan bahwa perang masa depan akan menggunakan pesawat tak berawak dan ketika sebuah pesawat tak berawak dihancurkan oleh pesawat tak berawak lain, tidak ada pilihan selain menyerah.

Bahkan CEO dan Founder Tesla Inc, Elon Musk, dan pendiri Facebook Mark Zuckerberg saling bersaing ketat terkait teknologi Kecerdesan Buatan (AL).

“Pemahamannya mengenai subyek ini terbatas,” ujar Musk dalam sebuah cuitan tentang pendiri Facebook, seperti dilansir dari Fortune.

Sebelumnya, Zuckerberg menilai pandangan Musk skenario kiamatnya dianggap tidak bertanggung jawab. Keduanya saling bersilang pendapat tentang kebutuhan adanya peraturan pemerintah yang lebih ketat terkait teknologi tersebut.

Musk mengatakan dalam pertemuan dengan para gubernur negara bagian AS bulan ini akan potensi bahaya tidak cuma sekedar hayalan, dan mereka harus segera bertindak untuk mengatur perkembangan teknologi Kecerdasan Buatan.

“Saya terus menerus memberi peringatan, namun sampai orang-orang robot turun ke jalan-jalan dan membunuh warga, mereka tidak akan tahu bagaimana harus bertindak, karena semuanya tampak tidak nyata,” ujar Musk, dalam video yang ditampilkan pada acara tersebut.

“Kecerdasan Buatan adalah risiko paling mendasar terhadap eksistensi kebudayaan umat manusia,” imbuhnya.

Menanggapi komentar Musk, Zuckerberg langsung membuat siaran langsung video di Facebook, menjawab pertanyaan dari para pemirsanya ketika seseorang memintanya untuk memberikan opininya terkait komentar Musk.

“Saya sungguh-sungguh optimis,” tampik Zuckerberg, “dan saya kira mereka yang menentang kemajuan dalam bidang kecerdasan buatan mencoba untuk mencari dukungan tentang skenario hari kiamat, saya tidak mengerti. Benar-benar pikiran negatif, dalam segi-segi tertentu saya sebenernya berpikir pikiran semacam itu sangat tidak bertanggungjawab.”

Zuckerberg mengatakan Kecerdasan Buatan dapat membantu mendiagnosa penyakit dengan lebih baik dan menghilangkan kecelakaan lalu-lintas, dan ia tidak melihat bagaimana orang tidak merasa bersalah dengan menghambat pengembangan Kecerdasan Buatan lewat berbagai aturan.

Istilah kecerdasan buatan, atau AI, digunakan untuk mesin yang dilengkapi dengan kode komputer yang mampu meningkatkan kecerdasannya dengan belajar. Teknologi ini semakin digunakan secara luas di sektor-sektor seperti perawatan kesehatan, hiburan, dan perbankan.

Kekhawatiran akan mesin yang bisa menjadi sangat cerdas sehingga mereka kemungkinan akan bangkit dan melawan umat manusia.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8089 seconds (0.1#10.140)