Untuk Antarkan Barang, Alibaba Ciptakan Robot G Plus

Jum'at, 01 Juni 2018 - 20:22 WIB
Untuk Antarkan Barang, Alibaba Ciptakan Robot G Plus
Untuk Antarkan Barang, Alibaba Ciptakan Robot G Plus
A A A
BEIJING - Alibaba baru saja memperkenalkan robot terobosan terbarunya dalam bisnis daring (online) masa depan. Robot tanpa awak yang bertugas mengirim barang pesananan sampai ke tangan konsumen.

Robot yang diberi nama G Plus tersebut dilengkapi dengan loker penyimpanan yang bisa dibuka dengan pemindai wajah. Robot G Plus mampu membawa barang dengan berbagai ukuran.

Dilansir melalui The Verge, Alibaba mengklaim robot logistik tersebut juga bisa emngantarkan makanan segar lantaran suhu di kotak penyimpanannya dapat diatur.Robot G Plus dibekali sistem navigasi LIDAR (Light Detection And Ranging) sehingga robot memiliki fitur peta 3D.

Jika terdapat kendaraan di dekatnya, robot akan mendeteksi dan mengurangi kecepatan menjadi 6,2 mil per jam. Demi alasan keamanan G Plus hanay dapat melaju apda kecepatan maksimal 9,3 mil per jam.

Saat sudah sampai ke alamat yang dituju, robot akan otomatis meletakkan barang pesanan konsumen atau konsumen keluar menemui robot, memasukan PIN dan mengambil pesanannya. Alibaba akan mulai memproduksi robot G Plus ini secara komersial mulai akhir tahun ini.

Selain Robot G Plus dalam pameran Alibaba’s 2018 Global Logistic Summit, perusahaan besutan Jack Ma tersbut juga memperkenalkan kotak Cainiao.

Yaitu kotak yang dapat dipasang konsumen di luar pintu apartemennya. Cainiao berfungsi sebagai temapt penyimpanan dengan fitur keamanan face recognition. Dengan begitu kotak hanya bisa dibuka oleh pemilik pesanan. Masih belum disebutkan kotak pintar ini akan kapan dirilis, pihaknya menyebut akan mematangkan lagi konsepnya.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8251 seconds (0.1#10.140)
pixels