Robot Cair Seperti di Film Terminator akan Jadi Kenyataan

Senin, 29 Oktober 2018 - 18:55 WIB
Robot Cair Seperti di Film Terminator akan Jadi Kenyataan
Robot Cair Seperti di Film Terminator akan Jadi Kenyataan
A A A
JAKARTA - Kemajuan teknologi robot terus bergeser, tak seperti robot pada umumnya kali ini robot logam cair yang dapat mengubah bentuk dan memperbaiki kerusakan pada komponen tubuhnya seperti pada film Terminator akan segera menjadi kenyataan.

Seperti dilansir dari Dailymail, bahwa para peneliti China mengembangkan prototipe robot yang terinspirasi oleh karakter fiksi franchise di Terminator, film T-1000.

Modem kecil dan variabel dapat digunakan untuk mengakses lingkungan yang mungkin sulit bagi manusia untuk tampil di zona bencana.

Berdasarkan laporan South China Morning Post, prototipe robot yang dibuat oleh tim dari Universitas Sains dan Teknologi Tiongkok dan Universitas Wollongong, Australia terbuat dari roda plastik kecil, baterai lithium dan tetesan galium serta logam perak lunak.

Menurut para peneliti, paduan logam cair cocok untuk robot lunak karena konduksi yang tinggi, tegangan permukaan terkontrol dan lentur.

Ini membuktikan bahwa robot itu berguna untuk berbagai aplikasi mulai dari militer hingga medis.

Tentunya peneliti, robot kecil seperti itu dapat digunakan sebagai contoh untuk membawa obat melalui tubuh dan menyerang sel tumor secara langsung.

"Di masa depan, kami berharap untuk mengembangkan robot lunak yang menggabungkan cairan logam yang dapat digunakan dalam misi khusus seperti mencari dan menyelamatkan korban gempa.

"Kami juga percaya bahwa paduan logam cair dapat membantu dalam pengembangan robot yang dapat beradaptasi sendiri dan dapat mengubah bentuknya," kata peneliti Tang Shiyang.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2615 seconds (0.1#10.140)