Sistem operasi Tizen akan hadang Android

Selasa, 25 Februari 2014 - 16:06 WIB
Sistem operasi Tizen akan hadang Android
Sistem operasi Tizen akan hadang Android
A A A
Sindonews.com - Wearable device bisa hadir dalam beragam bentuk. Mulai gelang, kalung, earphone, kacamata, hingga jam tangan. Semua perangkat tersebut sudah dibekali berbagai sensor yang secara aktif merekam aktivitas penggunanya, untuk kemudian dikirim ke smartphone, PC, atau website.

Arloji pintar adalah perangkat wearable terpopuler di pasar setelah gelang penunjang kebugaran seperti Nike Fuelband SE, Fitbit ataupun JawBone Up. Di arloji pintar inilah medan perang teknologi bergulir.

Galaxy Gear 2 dan Gear 2 Neo yang dikenalkan Samsung di Mobile World Congress (MWC) 2014 di Spanyol tidak hanya mengusung berbagai sensor untuk merekam kebugaran atau mengukur detak jantung, perangkat tersebut ternyata tidak lagi menggunakan Android.

Namun, vendor asal Korea Selatan itu justru menggunakan sistem operasi yang mereka kembangkan sendiri, Tizen. Mengapa? Jawabannya bisa dilihat dari potensi pasar wearable device itu sendiri yang luar biasa.

Samsung tidak ingin Google kembali dominan seperti halnya Android di pasar smartphone dan tablet. Tizen yang sudah dikembangkan sejak tahun lalu itu akan dijadikan sebagai ekosistem tandingan Android di segmen wearable.

Untuk lebih lengkap baca Koran Sindo edisi cetak terbit Rabu, 26 Februari 2014.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7936 seconds (0.1#10.140)