Penemuan planet baru di dunia bertambah 715 buah

Kamis, 27 Februari 2014 - 14:24 WIB
Penemuan planet baru di dunia bertambah 715 buah
Penemuan planet baru di dunia bertambah 715 buah
A A A
Sindonews.com - Para ilmuwan berhasil menemukan daftar planet baru lebih dari 715 buah di luar tata surya. Jika di jumlah, total jumlah planet yang ada saat ini hampir mencapai 1.700 buah.

Penambahan mencakup empat planet yang memiliki diameter 2,5 kali lebih besar dari Bumi, dengan jarak tepat dari garis bintang induknya, yang diyakini menjadi kunci bagi kehidupan.

Penemuan yang dilakukan National Aeronautics and Space Administration (NASA) Amerika Serikat (AS) dalam perburuan planet menggunakan teleskop Kepler ini sempat terhenti karena ada masalah pada sistem petunjuk tahun lalu. Teleskop yang diluncurkan pada 2009 itu secara produktif telah menghabiskan waktu empat tahun memantau 160.000 target bintang dengan memantau tanda-tanda planet yang terlewat dari garis penglihatan teleskop.

Penghitungan planet diumumkan dalam konferensi pers NASA, Rabu (26/2/2014) waktu setempat, dengan melaporkan penambahan jumlah planet oleh Kepler antara 246-961 buah.

Dikombinasikan dengan hasil teleskop lain, headcount planet di luar tata surya atau exoplanets, jumlah planet sekarang hampir mencapai 1.700 buah.

"Hari ini kami hampir menemukan dua kali lipat jumlah planet yang dikenal umat manusia," ujar astronom Douglas Hudgins, kepala eksplorasi planet di Markas NASA, Washington, seperti dilansir dari Reuters, Kamis (27/2/2014).

Ledakan jumlah (planet) berkat teknik verifikasi baru yang menganalisis planet potensial satu per satu. Metode ini dikembangkan setelah para ilmuwan menyadari bahwa sebagian besar planet-planet, seperti yang ada di tata surya, memiliki bintang induk yang sama.

Planet-planet baru yang ditemukan memperkuat bukti planet kecil, dua sampai tiga kali lipat ukuran Bumi terdapat banyak di seluruh galaksi .

"Secara harfiah, di mana pun (Kepler) dapat melihat mereka, menemukan mereka. Itulah mengapa kita memiliki keyakinan bahwa akan ada planet seperti Bumi di tempat lain," ujar astronom dari Massachusetts Institute of Technology, Sara Seager.

Sebagian besar planet terbang lebih dekat dengan bintang induknya tidak seperti Venus yang mengorbit di matahari dengan jarak sekitar 67 juta mil (108 juta km)
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6964 seconds (0.1#10.140)