Robot Ecoppia E4 pembersih panel surya otomatis

Kamis, 10 April 2014 - 13:15 WIB
Robot Ecoppia E4 pembersih panel surya otomatis
Robot Ecoppia E4 pembersih panel surya otomatis
A A A
Sindonews.com – Kecanggihan robotika terjadi penundaan selama bertahun-tahun. Perlahan-lahan perangkat ini telah bekerja dengan cara mereka di berbagai industri. Mengambil alih tugas-tugas sulit atau sia-sia jika dilakukan oleh orang dewasa.

Seperti dilansir Slashgear, Kamis (10/4/2014) salah satunya adalah menjaga kebersihan bidang panel surya di gurun. Ecoppia E4 robot telah melakukannya di Israel.

Robot itu dilengkapi dengan sikat serat mikro lembut, berputar cepat membersihkan debu. Desain ini tidak membutuhkan air karena berbagai alasan. Tidak sedikit panel surya yang diatur di gurun.

Ecoppia E4 dipasang pada bingkai yang berjalan di sepanjang panel surya. Alat ini bekerja dari atas ke bawah panel vertikal agar tetap bersih. Sistem ini bekerja di bidang surya Ketura Sun, Israel. Merupakan yang pertama digunakan untuk sistem pembersihan secara otomatis.

Biaya menjaga kebersihan panel di hamparan seluas 20 hektar itu mahal. Jika sebagian besar panel berdebu, kinerjanya akan tidak efisien. Robot menghapus hingga 99 persen debu, sehingga panel berfungsi dengan kapasitas penuh.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9217 seconds (0.1#10.140)