Atlas robot penyelamat kini hadir di dunia nyata

Kamis, 24 April 2014 - 13:30 WIB
Atlas robot penyelamat kini hadir di dunia nyata
Atlas robot penyelamat kini hadir di dunia nyata
A A A
Sindonews.com – Awal pekan ini, Menteri Pertahanan AS Chuck Hagel, melihat langsung demo robot Atlas. Penemuan ini dianggap sebagai eksperimen terbaru para peneliti teknologi tinggi di Pentagon.

Seperti dilansir Ubergizmo, Kamis (24/4/2014) sebagai pendatang di kompetisi Robotik, Atlas dengan tinggi 187cm memiliki kecerdasan luar biasa. Keberadaan Atlas, menurut Defense Advanced Research Project Agency (DARPA), untuk menyelamatkan nyawa manusia.

Kriteria kompetisi ini akan melihat navigasi robot saat melalui medan berat hingga memasuki gedung. Hal tersebut dianggap penting, melihat kejadian setelah gempa bumi di Jepang TImur dan tsunami besar pada 2011.

Secara penampilan, robot dunia nyata ini masih jauh dari apa yang ada di Hollywood. Tapi sudah menjadi langkah besar dalam dunia robotik. Atlas diharapkan dapat berfungsi menjalankan tugasnya dalam menyelamatkan nyawa manusia.

Sebelumnya, debut Atlas pada Oktober 2013, sempat diwarnai insiden memalukan karena pada saat penampilannya, pergelangan Atlas patah.
(dyt)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2911 seconds (0.1#10.140)