Robot Pepper Bisa Menjadi Teman Curhat

Sabtu, 14 Juni 2014 - 16:27 WIB
Robot Pepper Bisa Menjadi Teman Curhat
Robot Pepper Bisa Menjadi Teman Curhat
A A A
TOKYO - Softbang, salah satu perusahaan teknologi seluler terbesar di Jepang berkolaborasi dengan Aldebaran Robotics dan Foxconn menciptakan sebuah robot yang memahami emosi manusia. Diberi nama robot Pepper yang bisa menganailsa bagaimana perasaan manusia. Dengan kata lain bisa diajak untuk curhat.

Robot Pepper mampu berinteraksi dengan manusia dengan cara meniru prilaku yang dijumpainya. Yang tidak dijumpai pada robot lain, Pepper juga memiliki kemampuan membaca dan mengerti kondisi emosional seseorang yang berada di depannya. Hal itu karena robot ini dilengkapi dengan array sensor yang mengamati ekspresi wajah, nada suara dan variabel lainnya.

Pepper selanjutnya melakukan analisis karakter orang yang ada di depannya, selanjutnya akan akan memberikan reaksi. Semakin banyak jumlah interaksi yang dilakukan Pepper, maka semakin banyak pula yang dipelajari oleh robot ini dan tersimpan dalam memori.

Robot Pepper ini dilengkapi dengan kamera, mikrooft, sensor 3D, sensor sentuh serta akselerometer untuk memaksimalkan kemampuannya berinteraksi dan berkomunikasi. (Melihat Video)

Selain itu Pepper dilengkapi dengan Aldebaran Robotics 'NAOqi OS, dan konektivitas Wi-Fi membantu untuk terhubung ke sistem, Cocoro SB, yang selanjutnya menambah analisis emosi dan pengambilan keputusan fungsi. Bahkan memiliki layar sentuh 10 inci di bagian dada, memungkinkan untuk lebih mengekspresikan dirinya sendiri ketika bentuk visual komunikasi menjadi perlu.

Pihak Softbank memproyeksikan robot Pepper ini akan tersedia awal Februari 2015. Menurut mereka akan dipasarkan dengan harga sekitar USD2000 atau sekitar Rp23 juta rupiah, seperti dikutip dari Vrzone, Sabtu (14/6/2014).
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8454 seconds (0.1#10.140)