hitchBOT, Robot Penumpang dari Kanada

Kamis, 19 Juni 2014 - 19:00 WIB
hitchBOT, Robot Penumpang dari Kanada
hitchBOT, Robot Penumpang dari Kanada
A A A
HALIFAX - Robot Humanoid semakin berkembang, dimulai dengan kesuksesan Honda Asimo dan Toyota Kirobo. Kini hadir robot pendaki bernama hitchBOT, yang lahir dari dua orang peneliti Dr David Harris Smith dan Dr Frauke Zeller.

Dilansir dari Autoevolution, Kamis (19/6/2014) hitchBOT pada dasarnya adalah eksperimen sosial pintar. Menunjukkan bagaimana manusia akan bereaksi terhadap robot yang bisa "berpikir" untuk dirinya sendiri dan mulai berkeliaran di seluruh negeri.

Seperti namanya, misi hitchBOT adalah untuk menumpang dari sisi jalan, dan meyakinkan supir untuk membawanya dari Halifax di Nova Scotia ke Victoria di British Columbia. Bisa dikatakan robot ini menjalankan misi petualangannya.

Tampilan hitchBOT memang tidak seanggun Asimo atau segagah Kirobo. Bentuk tubuh menyerupai tong besar seadanya yang diberi sepasang kaki beralas sepatu boot. Bagian lengan menjuntai dari kiri-dan kanan ditutup sarung tangan.

Agar ddapat berfikir, hitchBOT juga telah dilengkapi dengan kecerdasan buatan. Robot ini mampu memahami dan berbicara dengan orang selama perjalanannya. Selain itu, hitcBOT juga akan memposting hal di beberapa situs media sosial.

Mungkin kalau ada hitchBOT di Indonesia, dia bakal digunankan pengendara mobil untuk lolos dari jam three in one.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7692 seconds (0.1#10.140)