Baterai Laptop Bekas Sumber Tenaga Baru Lampu LED

Kamis, 11 Desember 2014 - 20:36 WIB
Baterai Laptop Bekas Sumber Tenaga Baru Lampu LED
Baterai Laptop Bekas Sumber Tenaga Baru Lampu LED
A A A
NEW DELHI - Berbagai cara dilakukan bagaimana untuk cara memanfaatkan limbah. Apalagi pada sampah elektronik yang selama ini banyak dihasilkan diberbagai belahan dunia.

Seperti dilansir dari Liliputing, Kamis (11/12/2014), menurut data yang di himpun EPA (Environmental Protection Agency) pada 2010, terdapat lebih dari 30 juta sampah elektronik yang dibuang berasal dari komputer serta laptop.

Angka tersebut belum termasuk 20 juta lainnya yang masuk dalam program daur ulang. Melihat hal ini IBM bersama Radio Studio mengembangkan proyek untuk mengatasi permasalahan limbah.

Mereka memanfaatkan baterai laptop bekas dan merangkainya menjadi sumber tenaga untuk lampu LED. Baterai bekas ini mampu bertahan menghidupkan LED selama 4 jam perhari dalam waktu setahun

Kolaborasi dua perusahaan ini memberi nama rangkaian lampu itu UrJar. Teknologi UrJar, diharapkan bisa menjadi solusi penerangan di negara-negara berkembang, terutama bagi daerah yang masih belum masuk jaringan listrik.

Pihak IBM dan Radio Studio sedang melakukan pengujian protype UrJar di India yang didesain untuk penggunaan di rumah ataupun sarana komersial. Proyek ini bisa mengurangi sampah elektronik sekaligus memberikan keuntungan untuk masyarakat.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8008 seconds (0.1#10.140)