Robot Bisa Menulis Layak Jurnalis

Sabtu, 10 Januari 2015 - 10:11 WIB
Robot Bisa Menulis Layak Jurnalis
Robot Bisa Menulis Layak Jurnalis
A A A
CHICAGO - Sebuah software menulis, disebut Quill, dikembangkan Narrative Science, sebuah perusahaan asal Chicago.

Dikutip dari Technologyreview, Sabtu (10/1/2015), pada 2010 mengkomersilkan teknologi yang dikembangkan di Northwestern University, dimana berhasil mengubah data numerik menjadi sebuah cerita tertulis.

Tahap pertama, Quill digunakan melaporkan pertandingan baseball untuk siaran TV dan channel online olahraga. Keberhasilan tersebut kemudian melihat jika software cerdas itu dapat menggantikan pekerja manusia.

"Banyak orang merasa terancam oleh apa yang kami lakukan, dan kami mendapat banyak respon," kata CEO Narrative Science Stuart Frankel. Narrative Science kini menyewakan keterampilan menulis Quill kepada perusahaan jasa keuangan, seperti T. Rowe Price, Credit Suisse, dan USAA untuk penulisan lebih mendalam, laporan panjang tentang kinerja reksa dana yang kemudian didistribusikan kepada investor atau regulator.

"Pekerjaan yang biasa dilakukan sekelompok orang memakan waktu selama satu minggu, kini dapat terselesaikan dalam beberapa detik," ujar Frankel.

Quill diprogram dengan aturan penulisan yang menggunakan struktur kalimat, paragraf, dan halaman. Perusahaan juga dapat mengatur bahasa apa yang dibutuhkan untuk Quill menulis.

Quill juga dapat memilih "angle" tulisan. Sayang, Narrative Science tidak memberikan rincian teknis Quill.
(dyt)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8704 seconds (0.1#10.140)