UI Serius Kembangkan Riset Nanoteknologi

Selasa, 10 Maret 2015 - 16:31 WIB
UI Serius Kembangkan Riset Nanoteknologi
UI Serius Kembangkan Riset Nanoteknologi
A A A
DEPOK - Universitas Indonesia (UI) mengklaim akan menjadi pusat riset unggulan di bidang Nanotechnology. Hal ini selaras dengan visi UI untuk menjadi Universitas Riset Kelas Dunia.

Dengan berlandaskan keyakinan bahwa Nantechnology akan sangat mempengaruhi perkembangan peradaban manusia di masa yang akan datang. Dekan FTUI Dedi Priadi mengarakan di dalam lingkungan Departemen Teknik Elektro FTUI, riset di bidang Nano Device merupakan salah satu riset unggulan.

"Mulai dari kerjasama riset dan akademik dengan Shizuoka University, Jepang dalam bentuk penyelenggaraan Dctoral Double Degree Program yang telah menghasilkan dua orang lulusan Doktor dengan dua gelar dari UI dan Shizuoka University," jelasnya saat peresmian Mochtar Riady Plaza Quantum di FTUI Kampus Depok, Selasa (10/3/2015).

Kemajuan riset di DTE FTUI meliputi berbagai bidang diantaranya telekomunikasi, teknik komputer, teknik kendali, energi terbarukan dan Nan Device. Dedi menambahkan perkembangan ini tak lepas dari potensi SDM riset, networking riset yang luas dan sarana riset yang dimiliki.

"Salah satunya gedung riset MRPQ didirikan di atas lahan seluas 190 meter persegi sebagai sarana penunjang riset," jelasnya.

Rektor UI Muhammad Anis mengatakan UI menerima gedung tersebut sebagai hibah yang berisi laboratorium riset. Anis menyebutkan bahwa gedung tersebut menjadi sarana dan prasarana penunjang FTUI khususnya Departemen Teknik Elektro.

"Kami punya harapan terus meningkatkan kontribusi nyata, berbagai isu, contohnya sumber energi terbarukan seperti Green Technology berikan solusi," paparnya.

Anis optimis bukan hal mustahil UI melalui Tri Dharmanya UI berlandaskan riset dan ilmiah mengembangkan peradaban. "Target tahun ini UI 1000 jurnal internasional, mudah - mudahan separuh dari FTUI," tutup Anis.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8499 seconds (0.1#10.140)