Spesifikasi Senjata Kriss Vector Buatan Amerika Serikat, Punya Desain Futuristik dan Akurasi Tinggi

Sabtu, 06 Mei 2023 - 15:49 WIB
Senapan Kriss Vector mempunyai desain futuristik dan sistem blowback tertunda dengan desain in-line untuk mengurangi recoil. Foto/Wikipedia
WASHINGTON - Senjata Kriss Vector adalah senapan mesin ringan yang dikembangkan oleh perusahaan Amerika KRISS, yang sebelumnya Bernama Transformational Defense Industries (TDI). Senapan Kriss Vector mempunyai desain futuristik dan sistem blowback tertunda dengan desain in-line untuk mengurangi recoil.

TDI mengumumkan pengembangan senapan mesin ringan baru ini pada musim semi 2007, sebagai senjata eksperimental. Nama Kriss dipilih dari belati Asia Tenggara atau senjata khas Jawa Keris yang memiliki bilah berbentuk api (luk).

Secara prinsip senjata dengan popor lipat ini mengusung mekanisme Kriss Super V System, yaitu mekanisme yang mengarahkan pergerakan bolt dan rekoil ke arah bawah. Sistem ini dipercaya dapat mengurangi efek hentakan secara maksimal.



Sederhananya, gaya unik dari teknologi Kriss Super V System pada Kriss Vector mampu mengalihkan energi daya entak ke belakang mengarahkannya ke bawah. Dengan memanfaatkan sumbu bor yang sangat rendah, sisa rekoil menjadi tersebar.



“Secara statistik, Kriss Super V System dilaporkan menurunkan recoil hingga 60% dan muzzle naik hingga 95%!” tulis laman gunivore, Sabtu (6/5/2023). Teknologi yang inovatif ini membuat senjata Kriss Vector mudah dikendalikan.

“Kekuatan tidak ada gunanya tanpa kendali,” keterangan KRISS USA membanggakan senapan andalannya Kriss Vector. Faktanya, Kriss Vector terpilih sebagai senjata tempur jarak dekat terbaik oleh program Senjata Utama The Military Channel.



Salah satu fitur paling populer pada senjata taktis ini adalah kemudahan penggunaannya, terutama dalam hal pencopotan yang sederhana dan pertukaran kalibernya. Saat mendesain Vector Series, Kriss AS melihat senapan AK-47 yang ikonik agar mudah dilucuti dan dibersihkan, sangat andal, dan sangat tahan lama.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More