Ilmuwan Temukan Fenomena Langka Peternakan Gurita di Laut Dalam

Senin, 03 Juli 2023 - 07:14 WIB
Ilmuwan menemukan peternakan gurita di laut Kostarika, menyaksikan bayi gurita menetas saat menjelajahi gunung laut dalam. Foto: dok Schmidt Ocean Institute
KOSTARIKA - Ilmuwan baru saja menemukan fenomena langka deep-sea octopus nursery atau peternakan gurita laut dalam. Begitu langkanya fenomena ini, tercatat baru ada ketiga di dunia.

Menariknya lagi, fenomena deep-sea octopus nursery ini ditemukan di daerah yang sebelumnya dianggap "tidak ramah" bagi bayi gurita muda. Tepatnya, di lepas pantai Kosta Rika. Jadi, mulanya hampir mustahil hal tersebut terjadi.

Penemuan ilmuwan Schmidt Ocean Institute itu memang tidak sengaja. Tepatnya, saat mereka sedang melakukan ekspedisi 19 hari mempelajari keanekaragaman hayati gunung di laut dalam Kostarika.

Ternyata, tim yang terdiri dari 18 ilmuwan internasional menemukan peternakan gurita di lubang hidrotermal bersuhu rendah sekitar 9.000 kaki di bawah permukaan laut.

Para ilmuwan menggunakan robot bawah air, ROV SuBastian, untuk mengamati gunung bawah laut dan bayi gurita.



Fenomena Langka

Deep-sea octopus adalah kelompok gurita yang hidup di perairan dalam yang terpencil dan gelap. Mereka memiliki siklus hidup yang unik, di mana betina akan menetaskan telur dan merawatnya. Pada umumnya, deep-sea octopus betina akan mencari area yang aman di dasar laut yang cocok sebagai tempat penetasan telur mereka.



Seperti namanya, deep-sea octopus nursery terletak di kedalaman laut yang jauh, biasanya ratusan hingga ribuan meter di bawah permukaan laut. Deep-sea octopus nursery biasanya ditemukan di lingkungan yang kaya akan sumber daya makanan dan tempat perlindungan yang memadai.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More