4 Fakta Menarik Bom Gamma AS, Lebih Dahsyat dari Bom Atom

Selasa, 07 November 2023 - 11:47 WIB
Bom Gamma merupakan bom nuklir hidrogen yang memanfaatkan fusi nuklir. (Foto: Sciencing)
JAKARTA - Bom Gamma adalah salah satu senjata milik Amerika Serikat (AS) yang memiliki kekuatan dahsyat. Kekuatan bom Gamma bahkan disebut-sebut jauh lebih besar dibandingkan dengan bom atom yang pernah menerjang Nagasaki dan Hiroshima, Jepang pada tahun 1945.

Lantaran dampaknya yang luar biasa menghancurkan, keberadaan bom ini menuai pro dan kontra.Berikut adalah fakta-fakta mengenai bom Gamma dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (7/11/2023).

1. Merupakan bom nuklir hidrogen





Bom Gamma merupakan bom nuklir hidrogen yang memanfaatkan fusi nuklir untuk menghasilkan energi. Melansir laman ThoughtCo, bom hidrogen juga biasa disebut sebagai senjata termonuklir.

Bom hidrogen seperti Gamma menghasilkan reaksi fisi tambahan dan mengandalkan energi yang dilepaskan dari reaksi fisi menjadi panas. Karenanya, bom hidrogen mampu menghasilkan ledakan yang sama atau bahkan lebih besar jika dibandingkan dengan bom atom .



Beberapa sumber menyebut bahwa kekuatan bom hidrogen bisa sebanding dengan TNT (Trinitrotoluene). Jika menilik sejarah, salah satu bom terbesar yang pernah diledakkan adalah Tsar Bomba, yang merupakan bom hidrogen dengan kekuatan 50 megaton. Bom Gamma mempunyai panjang 2 meter dan dimensi 12 meter, serta berat mencapai 10 ton. Bom tersebut bisa dibawa oleh pesawat pengebom B-52 Stratofortess dan B-2 Spirit.

2. Kekuatan sangat besar



Seperti yang telah disinggung sebelumnya, bom Gamma atau bom hidrogen mempunyai kekuatan yang sangat besar dibandingkan dengan jenis bom lainnya dan setara dengan TNT.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More