Rusia Siap Luncurkan Satelit Radar Canggih, Mampu Pantau Area Seluas 120 Km

Selasa, 14 November 2023 - 18:09 WIB
Badan Antariksa Rusia, Roscosmos, telah selesai melakukan uji terbang satelit radar resolusi tinggi, Kondor-FKA. Foto/Gunter Space
MOSKOW - Badan Antariksa Rusia , Roscosmos, telah selesai melakukan uji terbang satelit radar resolusi tinggi, Kondor-FKA. Ditargetkan satelit Kondor-FKA akan diluncurkan pada 1 Januari 2024 dan beroperasi penuh memberikan data detail.

Direktur Departemen Kompleks Ruang Angkasa Otomatis, Navigasi dan Sistem Penginderaan Jauh Roscosmos, Valery Zaichko mengatakan, peluncuran satelit Kondor-FKA kedua dan satelit Obzor-R dijadwalkan pada tahun depan. Sebelumnya, satelit radar resolusi tinggi Kondor-FKA No. 1 diluncurkan pada 27 Mei 2023.

“Satelit radar Kondor sudah menyelesaikan uji terbang hari ini. Mulai 1 Januari 2024 kami akan memberikan data radar kepada seluruh konsumen," katanya di Institut Penelitian Luar Angkasa Akademi Ilmu Pengetahuan Rusia dikutip SINDOnews dari laman TASS, Selasa (14/11/2023).



Kondor-FKA adalah satelit observasi Bumi radar sipil kecil yang dirancang oleh NPO Mashinostroyeniya sebagai mitra sipil dari satelit Kondor-E. Satelit Kondor dilengkapi dengan radar aperture sintetis (SAR) S-band, yang dapat melakukan survei petak berkelanjutan atau survei titik terperinci.



Lebar petak yang dipantau adalah 10 km. Resolusi tanah adalah 1-2 m dalam mode sorotan, 1-3 m dalam mode stripmap, dan 5-30 m dalam mode ScanSAR.



Menurut NPO Mashinostroyeniya, satelit berikutnya akan diluncurkan ke luar angkasa pada Juni 2024. Satelit yang membentuk cluster akan dapat menerima gambar detail dengan resolusi hingga 1 meter dalam segala cuaca sepanjang waktu dan untuk memindai permukaan bumi dengan lebar hingga 120 km.



NPO Mashinostroyeniya juga sedang mengembangkan satelit prospek mineral Kondor-FKA-M. Karakteristik dan tanggal peluncurannya akan ditentukan berdasarkan hasil yang dicapai kedua satelit Kondor-FKA. Satelit ketiga yang ditingkatkan Kondor-FKA-M akan menyusul pada tahun 2025.
(wib)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More