5 Kepunahan Akibat Kiamat Kecil yang Pernah Terjadi di Bumi

Kamis, 07 Maret 2024 - 09:04 WIB
5 Kepunahan Akibat Kiamat Kecil. FOT0/ DAILY
JAKARTA - Bum i pernah mengalami peristiwa kiamat kecil berupa kepunahan massal yang dengan cepat memusnahkan spesies hewan dan tumbuhan di Bumi. Para ilmuwan menyebut ada sekitar tiga perempat dari semua spesies mati dalam waktu yang singkat, yaitu kurang dari 2,8 juta tahun.

Dan menariknya, ini tidak terjadi sekali saja tetapi beberapa kali. Buat kalian yang belum tahu, inilah daftar 5 kiamat kecil berula kepunahan massal yang pernah terjadi di Bumi, seperti dirangkum dari Live Science, Rabu (6/3/2023).

1. Kepunahan Ordovisium-Silur - 444 juta tahun yang lalu

Kepunahan massal pertama di Bumi terjadi sekitar 444 juta tahun yang lalu ketika hampir semua kehidupan ada di laut dan tanaman baru saja mulai muncul di darat. Pergeseran iklim menyebabkan suhu laut berubah, dan sebagian besar kehidupan di lautan mati.

Kepunahan massal ini membunuh sekitar 85 persen dari semua spesies. Para ilmuwan mengatakan munculnya pegunungan Appalachian Amerika Utara menjadi salah satu sebab pergeseran iklim ini terjadi, mengakibatkan pendinginan di seluruh penjuru Bumi.

2. Kepunahan Devon Akhir - 365 juta tahun yang lalu

Sering disebut sebagai "zaman ikan", periode Devonian menyaksikan naik turunnya banyak spesies laut prasejarah. Peristiwa ini terjadi sekitar 383 juta tahun yang lalu, menyebabkan 75 persen dari semua spesies Bumi menghilang selama rentang 20 juta tahun.

Dalam periode kepunahan kedua ini tanah mulai ditemukan dan tanaman mulai tumbuh. Tanah yang kaya nutrisi ini kemudian mengalir ke lautan dunia, menyebabkan alga berkembang biak dalam skala yang sangat besar, menciptakan zona mati raksasa, di mana alga menghilangkan oksigen dari air.

Peristiwa ini lantas mencekik kehidupan laut, dan mendatangkan malapetaka pada rantai makanan laut. Spesies yang tidak dapat beradaptasi dengan penurunan kadar oksigen dan kekurangan makanan kemudian binasa. Salah satu monster laut yang terhapus dari lautan dunia adalah ikan Dunkleosteus.

3. Kepunahan Permian-Triassic - 253 juta tahun yang lalu

Peristiwa kepunahan ini sering disebut sebagai "The Great Dying". Ini adalah kepunahan massal yang terbesar yang pernah melanda Bumi yang sukses memusnahkan sekitar 90% dari semua spesies yang ada di Bumi termasuk memusnahkan reptil, serangga, dan amfibi yang berkeliaran di darat.