Daftar Drone dan Rudal Mematikan Iran yang Mampu Menjangkau Israel

Senin, 15 April 2024 - 14:31 WIB
Drone Shahed 129 Iran sanggup terbang di atas 25.000 kaki dengan durasi 24 jam. (Foto: Interesting Engineering)
JAKARTA - Konflik terbuka antara Iran dan Israel telah meletus. Dalam serangan perdana pada hari Minggu, Iran meluncurkan 120 misil balistik dan lebih dari 170 drone peledak ke wilayah Israel. Sayangnya, hampir semuanya ditembak jatuh sebelum mencapai wilayah Israel.

Insiden ini adalah kali pertama Iran melancarkan serangan langsung ke Israel dari wilayahnya. Beberapa rudal mendarat di Israel, menyebabkan kerusakan pada pangkalan militer di selatan negara itu. Setelah serangan itu, 12 orang dirawat di rumah sakit di Israel selatan.

Iran terbukti memiliki teknologi militer mumpuni. Sebagai salah satu kekuatan militer utama di Timur Tengah, Iran mengembangkan sejumlah drone dan rudal hipersonik yang mampu menjangkau langsung wilayah Israel.

Dilansir dari Interesting Engineering, Senin (15/4/2024) berikut daftar drone dan rudal Iran yang mampu menjangkau wilayah Israel.





Drone Iran

1. Drone Gaza



Gaza merupakan drone tercanggih Iran. Drone ini memiliki lebar sayap 20,7 meter, tautan satelit, dan jangkauan 2.000 kilometer. Menurut The Wall Street Journal, Gaza bisa terbang dari Iran ke Israel dengan membawa 13 bom presisi tinggi. Drone ini dibuat untuk mengejar ketertinggalan dari General Atomics MQ-9A Reaper buatan AS. Pada tahun 2020, AS menggunakan MQ-9A Reaper untuk membunuh komandan Iran, Mayjen Qassem Soleimani.

2. Shaded-129



Iran juga memiliki Shahed-129, drone yang mampu membawa empat bahan peledak seberat 400 kg. Drone yang diproduksi oleh Shahed Aviation Industries ini mampu melakukan penargetan secara akurat dengan radius 1.700 km. Selain itu, Shahed 129 sanggup melakukan penerbangan di atas 25.000 kaki dengan durasi penerbangan 24 jam. Sistem optik pada drone memiliki kemampuan melakukan pendeteksian di segala kondisi, baik siang maupun malam dalam radius 211 km dengan hasil foto yang jelas.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More