Inilah Pergerakan Lempeng Tektonik Bumi Selama 1,8 Miliar Tahun

Minggu, 15 September 2024 - 23:23 WIB
Lempeng Tektonik Bumi. FOTO/ IFL SCIENCE
NEVADA - Pergerakan lempeng tektonik Bumi adalah salah satu proses paling mendasar yang membentuk planet kita, dan melihat evolusinya selama waktu geologis yang sangat panjang memberikan perspektif yang menakjubkan tentang dinamika planet ini.

Video berdurasi 1 menit yang menampilkan pergerakan lempeng tektonik selama 1,8 miliar tahun terakhir memang merupakan cara yang mengesankan untuk memahami bagaimana Bumi telah berubah seiring waktu.

Seperti dilansir dari IFL Science, video dimulai dengan peta lempeng tektonik modern, menampilkan semua benua yang kita kenal saat ini, seperti Amerika Utara, Amerika Selatan, Eropa, Asia, Afrika, Australia, dan Antartika.

Pergerakan Benua dan Pembentukan Pangaea:

Dalam hitungan beberapa detik, benua-benua mulai bergerak dan menyusut menjadi satu benua super raksasa yang dikenal sebagai Pangaea. Ini terjadi sekitar 335 juta tahun yang lalu, pada akhir periode Paleozoikum dan awal Mesozoikum.

Seiring berlalunya waktu, Pangaea mulai terpecah menjadi benua-benua yang lebih kecil, yang akhirnya membentuk benua-benua modern. Video ini menunjukkan bagaimana benua-benua seperti Laurasia dan Gondwana terpisah, serta pembentukan benua super seperti Rodinia sekitar 1,35 miliar tahun yang lalu.

Periode "Satu Miliar Tahun yang Membosankan":

Video ini juga menunjukkan perubahan dalam pandangan mengenai periode yang disebut "satu miliar tahun yang membosankan." Sebelumnya dianggap sebagai waktu stabilitas tektonik, namun model terbaru menunjukkan bahwa periode ini sebenarnya juga melibatkan aktivitas geologis yang dinamis, meskipun mungkin tidak seaktif periode lainnya.