Kehebatan Ranjau Cerdas Rusia, Bisa Bedakan Warga Sipil dan Lawan

Kamis, 19 September 2024 - 16:05 WIB
Prajurit Rusia semakin percaya diri di garda depan pertempuran di wilayah Avdeyevka lantaran ditopang ranjau cerdas. Foto/Sputnik
JAKARTA - Para prajurit Rusia semakin percaya diri di garda depan pertempuran di wilayah Avdeyevka lantaran ditopang ranjau cerdas yang dapat membedakan warga sipil dan kendaraan tempur lawan. Dalam situasi tertentu ranjau ini juga dapat menghancurkan diri sendiri.

Kementerian Pertahanan Rusia menyatakan ranjau cerdas bernama Zemledeliye ini dilengkapi dengan sensor seismik dan chip elektronik sehingga dapat mendeteksi jenis target yang mendekat dan hanya dipicu oleh target yang diprogram secara ketat, baik itu peralatan militer atau orang yang lewat.

Efektivitas ranjau cerdas ini di lapangan, sebagaimana dilansir dari Sputnik, Kamis (19/9/2024) telah teruji. Zemledeliye sukses melumpuhkan sejumlah tank dan kendaraan lapis baja Ukraina.





Zemledeliye, yang beroperasi sebagai sistem peluncur roket ganda, mampu menembakkan roket 122mm yang berisi ranjau anti-personel atau anti-tank, pada jarak hingga 15 kilometer. Satu tembakan salvo dari Zemledeliye dapat mengubah beberapa ribu meter persegi tanah menjadi ranjau yang mematikan.



Ranjau yang dikerahkan oleh Zemledeliye dapat diprogram sebelumnya untuk menghancurkan diri sendiri setelah periode tertentu, sehingga memastikan ranjau yang dipasang oleh senjata ini tidak menimbulkan ancaman bagi warga sipil setelah pertempuran selesai.
(msf)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More