Aneh! Langit Amerika Mendadak Berwarna Ungu, Pertanda Kiamat?

Sabtu, 12 Oktober 2024 - 17:05 WIB


Warna biru dan merah di langit



Jika matahari menghasilkan cahaya putih, mengapa mata manusia melihat beragam warna di langit? Jawabannya adalah ketika gelombang elektromagnetik bertabrakan dengan partikel kecil di atmosfer, sebagian darinya tersebar.

Efek yang tepat bergantung pada ukuran partikel dan panjang gelombang cahaya. Dengan benda-benda yang sangat kecil seperti molekul oksigen dan nitrogen, panjang gelombang yang lebih pendek (biru dan ungu) lebih tersebar daripada panjang gelombang yang lebih panjang (seperti merah dan oranye).

Ini berarti ketika sinar matahari mengalir melalui atmosfer, merah dan kuning sebagian besar akan melewati langsung dan biru dan ungu akan tersebar. Jika kita berdiri di permukaan Bumi dan melihat ke atas, maka akan melihat semua cahaya biru dan ungu yang tersebar itu. Itu sebabnya langit pada hari yang cerah terlihat biru.

Ini juga menjelaskan mengapa matahari terlihat lebih merah saat terbenam atau matahari terbit. Ketika matahari lebih rendah di langit, cahaya putih harus melewati lebih banyak atmosfer, yang menyebarkan lebih banyak warna biru. Itu meninggalkan lebih banyak cahaya merah yang melewatinya untuk menghasilkan matahari terbenam merah yang indah.



Mengapa langit jarang berwarna ungu?



Pertama, ketika matahari menghasilkan cahaya, itu bukan intensitas yang sama untuk semua warna yang berbeda. Sebenarnya, matahari menghasilkan intensitas cahaya yang lebih tinggi pada panjang gelombang yang lebih besar (merah dan hijau) daripada untuk panjang gelombang yang lebih kecil (biru dan ungu). Jadi, ketika sinar matahari mengenai atmosfer, ada lebih banyak cahaya biru daripada ungu.

Faktor kedua berkaitan dengan mata manusia. Karena benar-benar merasakan hanya tiga warna - merah, hijau, dan biru, mata manusia tidak sepeka terhadap panjang gelombang ungu yang lebih kecil.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More