Waspada, 25.000 Asteroid Berbahaya Diperkirakan Mengancam Bumi

Selasa, 15 Juni 2021 - 07:38 WIB
Diperkirakan ada sekitar 25.000 asteroid yang cukup besar untuk memusnahkan area seperti California Selatan. Foto/dok
ARIZONA - NASA telah menyetujui pembuatan teleskop Near-Earth Object Surveyor atau NEO Surveyor untuk memperkuat pertahanan planet dari ancaman asteroid. Diperkirakan ada 25.000 asteroid yang berbahaya dan bisa membuat kerusakan yan parah jika sampai menabrak Bumi.

Teleskop inframerah sepanjang 6 meter ini akan membantu para astronom menemukan asteroid dan komet yang berada dalam jarak 48 juta kilometer dari orbit Bumi.

"NEO Surveyor akan memiliki kemampuan untuk mempercepat NASA dalam menemukan asteroid dan komet yang dapat menimbulkan bahaya bagi Bumi," kata Mike Kelley, ilmuwan program NEO Surveyor di Markas Besar NASA, seperti dikutip CNN, Selasa (15/6/2021).

Pada tahun 2010, NASA menyelesaikan tujuannya untuk menemukan 90% dari semua objek dekat Bumi yang berukuran lebih dari 1.000 meter (3.280 kaki).

Pada 2013, sebuah asteroid memasuki atmosfer Bumi di atas Chelyabinsk, Rusia. Itu meledak di udara, melepaskan 20 hingga 30 kali lebih banyak energi daripada bom atom pertama.

Ledakan itu memancarkan panas, merusak lebih dari 7.000 bangunan dan melukai lebih dari 1.000 orang. Gelombang kejut memecahkan jendela 58 mil jauhnya. Itu tidak terdeteksi karena asteroid itu datang dari arah dan jalur yang sama dengan matahari.

"Dengan mencari NEO yang lebih dekat ke arah Matahari, NEO Surveyor akan membantu para astronom menemukan dampak bahaya yang bisa mendekati Bumi dari langit siang hari," kata Amy Mainzer, peneliti utama NEO Surveyor di University of Arizona dan profesor di University of Arizona. dari Lunar and Planetary Laboratory Arizona, dalam sebuah pernyataan.