Cara Ikan Hiu Berkembang Biak, Terbagi dalam Tiga Proses Berbeda

Minggu, 14 November 2021 - 17:48 WIB
Hiu Tanduk (sejenis Port Jackson) bertelur besar berbentuk spiral dan diletakkan di antara bebatuan di dasar laut. Foto/Ist/ sharktrust.

Setelah berkembang, bayi hiu akan menetas di dalam induknya, yang kemudian akan melahirkan anak-anaknya. Pada beberapa spesies, anak hiu tidak segera lahir setelah menetas. Sebaliknya mereka tinggal di dalam rahim dan memberi makan dari telur yang tidak dibuahi. Ini dikenal sebagai oophagy.

Bahkan anak hiu Sandtiger tidak hanya memakan telur yang tidak dibuahi, tetapi juga saudara kandungnya yang belum menetas! Ini disebut kanibalisme intrauterin. (Baca juga; Punya Nafsu Makan Besar, Ternyata Paus Berperan Penting Sebagai Sumber Nutrisi di Laut )

Ketiga dengan cara melahirkan atau beranak (Vivipar)

Beberapa jenis hiu yang melahirkan atau vivipar, yaitu Bull shark, Blue shark, dan Hammerhead shark. Vivipar adalah metode reproduksi yang paling canggih. Bayi hiu berkembang di dalam tubuh induknya, menerima nutrisi dan oksigen melalui tali pusar.

Ini adalah metode yang sama yang digunakan oleh mamalia. Tapi, tidak seperti mamalia, ketika anak-anaknya lahir, mereka langsung mandiri dan harus berjuang sendiri.
(wib)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More