Ini 3 Negara Penghasil Gas Alam Terbesar di Dunia

Selasa, 29 Maret 2022 - 12:28 WIB
Gas alam merupakan salah satu sumber energi yang paling banyak digunakan di dunia. Foto/energycapitalpower
JAKARTA - Gas alam merupakan salah satu sumber energi yang paling banyak digunakan di dunia. Menurut Pertamina Gas, gas alam adalah sumber energi yang dihasilkan dari fosil hewan, tanaman, atau mikroorganisme yang telah tersimpan jutaan tahun di bawah tanah.

Pada tahun 2019 total produksi gas alam di dunia mencapai angka 4 triliun meter kubik. Dengan angka tersebut beberapa negara di dunia tercatat sebagai penghasil atau produsen gas alam terbesar yang menyumbang sebagian besar kebutuhan gas alam dunia.

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut beberapa negara penghasil gas alam terbesar di dunia:

1. Amerika Serikat

Negara penghasil gas alam terbesar yang pertama adalah Amerika Serikat. Pada tahun 2019, Amerika Serikat menghasilkan sekitar 23 persen dari pasokan gas alam dunia dengan angka sekitar 921 miliar meter kubik.



Setelah itu, pada tahun 2020, AS menjadi produsen gas alam terbesar di dunia mengalahkan Rusia dengan produksi sekitar 948 miliar meter kubik, meningkat dari hasil gas alam tahun sebelumnya. Texas dan Pennsylvania menjadi negara bagian AS dengan produksi gas alam paling banyak.

Mayoritas gas alam di AS didapatkan melalui pengeboran horizontal dan teknik rekahan hidrolik atau fracking serpih. Peningkatan produksi gas alam Amerika Serikat disebabkan kemajuan teknologi rekahan hidrolik dan pengeboran horizontal.

Perkembangan tersebut meningkatkan cadangan gas alam AS yang naik secara signifikan. Pada tahun 2019, tercatat Amerika Serikat memiliki total hampir 25,4 triliun kaki kubik gas serpih.

2. Rusia
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More