Spesifikasi dan Harga Torpedo Nuklir Poseidon Buatan Rusia

Senin, 10 Oktober 2022 - 14:49 WIB
Spesifikasi dan Harga Torpedo Nuklir Poseidon Buatan Rusia yang ditakuti negara Eropa. FOTO/ IST
MOSCOW - Spesifikasi dan harga torpedo nuklir Poseidon buatan Rusia bikin banyak negara ketar-ketir. Tak hanya itu Rusia juga merupakan negara penghasil nuklir terbanyak dan terbesar di dunia berdasarkan jumlah hulu ledak nuklir.



Rusia diperkirakan memiliki 5.977 nuklir. Salah satu nuklir yang dimiliki oleh negara ini adalah jenis torpedo nuklir poseidon.

Negara ini selalu mengembangkan teknologi militer, melakukan inovasi-inovasi untuk menghasilkan senjata-senjata baru.

Salah satu senjata baru yang dikembangkan, bahkan belum pernah ada negara lain yang membuatnya, yakni adalah torpedo nuklir poseidon. Poseidon merupakan torpedo otonom bersenjata dan bertenaga nuklir antarbenua.



Poseidon drone torpedo berkemampuan nuklir, dalam hal senjata dan tenaga penggerak, menjadi andalan baru Rusia untuk pertempuran bawah laut mapupun permukaan. Kekuatan militer Rusia tak perlu diragukan keandalannya baik di darat, laut, maupun udara.

Tidak hanya itu, ini merupakan torpedo raksasa yang dapat menghantam serta menghancurkan kota-kota di pesisir pantai. Diabndingkan dengan rudal balistik antarbenua, poseidon lebih lambat namun mempunyai dampak kehancuran tak terbendung. Bahkan, Rusia juga menyatakan poseidon dapat digunakan sebagai senjata nuklir taklis melawan kapal perang.

Selain itu, poseidon adalah senjata torpedo nuklir yang diluncurkan pertama kali pada 2015. Poseidon dikenal sebagai status-6. Torpedo nuklir poseidon tersebut memiliki panjang 24 meter dan diameter 2 meter dengan jangkauan 10.000 km (6.200 mil). Kecepatannya di bawah air luar biasa bisa mencapai 70 knot.

Bagi orang yang tidak mengerti kecepatan laut, 70 knot sama dengan 130 km/jam. Torpedo ini bisa berenang di kedalaman 1 km dan kemampuannya beroperasi di bawah air sangat cepat sehingga sulit dideteksi. Propulsinya adalah nuklir, dan hulu ledak yang dapat dibawanya adalah 2 megaton.

Sementara untuk harga, Poseidon torpedo nuklir ini pastinya dibandrol dengan harga yang sangat fantastsi dan sulit untuk dijangkau.

MG/ Nurul Faiza Ridha Vadellah
(wbs)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More