Bibit Siklon Tropis Terdeteksi Berada di Wilayah Laut Filipina

Kamis, 29 Desember 2022 - 13:05 WIB
Bibit Siklon Tropis badai terdeteksi berada di wilayaj Laut Filipina. FOTO/ IST
MANILA - Bibit siklon tropis berkembang di dekat Kota Davao, Laut Filipina, Samudra Pasifik barat. Badai ini terdeteksi berada di timur-timur laut Kota Davao atau barat Palau.



Layanan satelit Zoom.earth, Kamis (29/12/2022), menginformasikan sistem ini memiliki peluang rendah untuk terbentuk menjadi siklon tropis dalam 24 jam ke depan.

Kecepatan angin 30 km per jam dan tekanan permukaan laut 1007 hPa (hektopaskal).

Area cuaca yang terganggu ini masih sedang diselidiki untuk kemungkinan pengembangan. Belum dikeluarkan peringatan untuk sistem ini.



Masa hidup suatu siklon tropis rata-rata berkisar antara 3 hingga 18 hari. Karena energi siklon tropis didapat dari lautan hangat, maka siklon tropis akan melemah atau punah ketika bergerak dan memasuki wilayah perairan yang dingin atau memasuki daratan.

Siklon tropis dikenal dengan berbagai istilah di muka bumi, yaitu "badai tropis" atau "typhoon" atau "topan" jika terbentuk di Samudra Pasifik Barat, "siklon" atau "cyclone" jika terbentuk di sekitar India atau Australia, dan "hurricane" jika terbentuk di Samudra Atlantik.

Yang dimaksud dengan kecepatan angin maksimum adalah angin permukaan rata-rata 10 menit tertinggi yang terjadi di dalam wilayah sirkulasi siklon.

Angin dengan kecepatan tertinggi ini biasanya terdapat di wilayah cincin di dekat pusat siklon, atau jika siklon ini memiliki mata, berada di dinding mata.

Daerah pertumbuhan siklon tropis mencakup Atlantik Barat, Pasifik Timur, Pasifik Utara bagian barat, Samudera Hindia bagian utara dan selatan, Australia dan Pasifik Selatan.

Sekitar 2/3 kejadian siklon tropis terjadi di belahan bumi bagian utara. Sekitar 65% siklon tropis terbentuk di daerah antara 10° - 20° dari ekuator, hanya sekitar 13% siklon tropis yang tumbuh diatas daerah lintang 20° , sedangkan di daerah lintang rendah (0° - 10°) siklon tropis jarang terbentuk.
(wbs)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More