Mengenal E.A Johnson, Penemu Teknologi Touchscreen yang Sebelumnya Diragukan

Kamis, 19 Januari 2023 - 17:53 WIB
loading...
Mengenal E.A Johnson, Penemu Teknologi Touchscreen yang Sebelumnya Diragukan
E.A Johnson merupakan penemu teknologi touchscreen yang memiliki andil besar terhadap perkembangan teknologi saat ini. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - E.A Johnson merupakan penemu teknologi touchscreen yang memiliki andil besar terhadap perkembangan teknologi saat ini. Sebelumnya, pada tahun 1940 an, teknologi touchscreen ini sempat dianggap tidak dapat dan layak untuk direalisasikan.

Melansir dari ThoughtCo., sejarawan menganggap layar sentuh pertama sebagai layar sentuh kapasitif yang ditemukan oleh E.A. Johnson di Royal Radar Establishment, Malvern, Inggris, sekitar tahun 1965 - 1967.

Awalnya, Johnson menggambarkan karyanya dalam sebuah artikel Touch Display yang dipublikasikan dalam Electronics Letters.

Baca juga : Deretan Ilmuwan Penemu Teori Fenomena Alam

Hingga dia menulis dan menerbitkan makalah yang lebih rinci tentang layar sentuh. Makalah tersebut menjelaskan bagaimana teknologi layar sentuh dioperasikan melalui gambar prototipe dan diagram.

Foto-foto dan diagram Touch Displays: A Programmed Man-Machine Interface itu akhirnya dipublikasikan pada tahun 1967.

Menurut Malvern Radar and Technology History Society, dia menggunakan kabel tembaga tipis di komputer crt dan mengembangkan sirkuit untuk merasakan dengan andal ketika disentuh.

Penemu teknologi touchscreen ini juga meramalkan bahwa desain tersebut dapat berfungsi sebagai keyboard untuk memasukkan karakter.

Baca juga : Siapakah Penemu Sim Card Pertama di Dunia? Simak Penjelasannya

Namun teknologi yang dikembangkan oleh E.A Johnson ini hanya dapat memproses satu sentuhan pada satu waktu saja. Sementara yang telah ada di genggaman saat ini merupakan multi touch.

Penemuan touchscreen ini dilatar belakangi oleh pengontrol lalu lintas udara di Inggris yang membutuhkan alat komunikasi yang cepat dan akurat.

Penemuan awal dari Johnson ini lalu dikembangkan oleh Doktor Sam Hurst di tahun 1970 an. Hingga pada tahun 1990 an barulah teknologi touchscreen diperkenalkan dalam smartphone.
(bim)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2682 seconds (11.210#12.26)