Wajah Firaun Musuh Terkuat Nabi Musa Terungkap Lewat Teknologi CT Scan

Jum'at, 20 Januari 2023 - 16:11 WIB
loading...
A A A


Wajah Firaun Musuh Terkuat Nabi Musa Terungkap Lewat Teknologi CT Scan


The Face Lab kemudian menindaklanjuti olahan digital itu dengan membuat perkiraan utuh wajah Ramses II. Upaya itu dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak yang dirancang untuk penyelidikan forensik.
Lewat perangkat lunak itu wajah yang telah diolah secara digital kemudian ditambahkan lapisan otot dan jaringan ke tulang di bawahnya. Hal itu dilakukan guna memberikan gambaran yang sangat akurat tentang penampilan seseorang.

Untuk mendapatkan tampilan wajah yang mendetail dari Ramses II, tim mendapat bantuan ekstra karena mumifikasi menyimpan petunjuk tambahan, seperti pola rambut. Tim berkonsultasi dengan ahli Egyptology untuk mendapatkan bantuan tentang warna kulit, mata, dan rambut berdasarkan kemungkinan penampilan Ramses II.

Dari situ kemudian didapat kemungkinan wajah yang mendekati tampilan sebenarnya dari Ramses II. Termasuk wajahnya saat berusia muda atau sekitar usia 45 tahun.

The Face Lab mengakui adanya kritikan mengenai teknik itu. Makanya eknik itu sendiri sudah diuji sebelumnya oleh The Face Lab. Agar akurat mereka melakukan teknik yang sama pada wajah seseorang yang ada saat ini.

"Kami telah menguji metode kami menggunakan CT Scan dari donor hidup. Kami juga telah mengevaluasi rekonstruksi wajah menggunakan perbandingan geometris yang menunjukkan sekitar 70 persen permukaan rekonstruksi wajah dengan kesalahan kurang dari 2 milimeter," kata Direktur The Face Lab, Caroline Wilkinson kepada Newsweek.
(wsb)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2332 seconds (0.1#10.140)