Ahli Paleontologi Temukan 256 Telur Dinosaurus di India

Jum'at, 20 Januari 2023 - 18:31 WIB
Ahli Paleontologi Temukan 256 Telur Dinosaurus di India
Situs purbakala tempat penetasan telur dinosaurus di India. FOTO/ ID
NEW DELHI - Sekelompok ahli paleontologi berhasil menemukan situs purbakala bekas-bekas penetasan yang terdapat 256 fosil telur dinosaurus di India.

Seperti dilansir dari Daily Star, Jumat (20/1/2023), penemuan ini juga menunjukkan bahwa hewan purba raksasa kemungkinan besar pernah 'bersarang bersama' seperti spesies burung modern lainnya.

Sebuah tim peneliti di New Delhi menemukan situs penetasan dengan 92 sarang yang diyakini milik spesies titanosaurus.

Situs penetasan titanosaurus ditemukan di distrik Dhar Madhya Pradesh yang membentang dari timur ke barat sekitar 1.000 kilometer (km).

Bahkan, penemuan situs penetasan juga merupakan salah satu yang terbesar yang pernah diketahui manusia dan memberikan wawasan terbaru tentang spesies dinosaurus.

Titanosaurus termasuk dalam keluarga dinosaurus yang memiliki leher panjang dan merupakan herbivora yang memakan tumbuhan.

Spesies ini juga dikenal sebagai salah satu hewan terbesar yang pernah hidup di bumi.

Sementara itu, ahli paleontologi dari departemen geologi Universitas Delhi, Guntupalli Prasad, mengatakan fosil telur dinosaurus yang ditemukan memiliki diameter antara 15 hingga 17 sentimeter (cm) dan diyakini berasal dari beberapa spesies titanosaurus.

Dikatakannya, kurang lebih satu hingga 20 fosil telur dinosaurus ditemukan di setiap sarang.

Bahkan, katanya, sebagian besar sarang ditemukan berdekatan.

"Penemuan ini juga menunjukkan bahwa spesies titanosaurus bukanlah induk yang paling perhatian," katanya.

Situs penetasan adalah bagian dari Formasi Lameta, sebuah formasi geologis di Lembah Narmada yang menampung banyak fosil telur dan kerangka dinosaurus dari akhir periode Cretaceous