5 Keunikan Por-Bazhyn, Benteng Pulau Misterius di Siberia Rusia

Sabtu, 21 Januari 2023 - 17:52 WIB
loading...
5 Keunikan Por-Bazhyn, Benteng Pulau Misterius di Siberia Rusia
Por-Bazhyn adalah reruntuhan bangunan di pulau danau yang tinggi di pegunungan Tuva selatan, Federasi Rusia. Foto/The Archeologist
A A A
MOSKOW - Por-Bazhyn adalah reruntuhan bangunan di pulau danau yang tinggi di pegunungan Tuva selatan, Federasi Rusia . Nama Por-Bazhyn ini berasal dari bahasa Tuvinian yang berarti 'rumah tanah liat', yang disematkan pada bangunan benteng di pulau misterius di Siberia.

Por-Bazhyn telah dikenal sejak abad ke-18 dan dieksplorasi pada tahun 1891 untuk pertama kalinya. Pada tahun 1957–1963, arkeolog Rusia SI Vajnstejn melakukan penggalian di beberapa area situs bangunan Por-Bazhyn.

Penelitian lapangan skala besar dilakukan pada tahun 2007–2008 oleh Fortress Por-Bajin Foundation, melibatkan para sarjana dan ilmuwan dari Akademi Ilmu Pengetahuan Rusia, Museum Oriental Negara, dan Universitas Negeri Moskow. Berikut 5 keunikan Por-Bazhyn dirangkum dari laman the archaeologist dan heritage daily, Sabtu (21/1/2023).

1. Dikaitkan dengan Klan Uyghur
5 Keunikan Por-Bazhyn, Benteng Pulau Misterius di Siberia Rusia


Por-Bazhyn sejak akhir abad ke-19, telah dikaitkan dengan Uyghur karena lokasinya, tanggal penemuannya, dan kemiripan tata letaknya dengan kompleks istana Karabalgasun, ibu kota Kekhanan Uyghur. Vajnstejn mengidentifikasi Por-Bazhyn sebagai bangunan istana, sesuai prasasti rahasia di batu Selenga, oleh Khagan Moyanchur (juga dikenal sebagai Bayanchur Khan, 747-759 M), setelah kemenangannya atas suku-suku lokal di 750 M.



Moyanchur melibatkan Kekhanan Uyghur dalam perebutan kekuasaan internal di China, dan menikah dengan seorang putri Tiongkok. Identifikasi lain dari situs tersebut sebagai bangunan benteng perbatasan, biara, situs ritual, dan observatorium astronomi. Ini ditemukan dalam literatur lama yang diterbitkan sebelum kesimpulan penelitian lapangan modern pada tahun 2008.

2. Dibangun Tahun 777 Masehi
5 Keunikan Por-Bazhyn, Benteng Pulau Misterius di Siberia Rusia


Menurut studi dendrokronologi awal dan penanggalan radiokarbon menunjukkan bahwa benteng Por-Bazhyn dibangun antara tahun 770 dan 790 M. Para ekskavator menunjukkan bahwa ini terjadi pada masa pemerintahan Uyghur Bogu Qaghan, penerus Moyanchur.

Oleh karena itu Por-Bazhyn tidak mungkin merupakan istana yang disebutkan dalam prasasti Selenga. Tanggal pembangunan istana kemudian disempurnakan lebih lanjut menjadi sekitar tahun 777 M.



Penanggalan radiokarbon dan studi dendrokronologi menunjukkan bahwa Por-Bazhyn dibangun sekitar tahun 777 M oleh suku Uighur. Ini merupakan sebuah konfederasi suku di bawah Orkhon Uyghur yang memerintah dari tahun 742 hingga 848 M. Orang China menyebut orang Uighur sebagai Jiu Xing, yang berarti "sembilan klan".

3. Bergaya Arsitektur China
5 Keunikan Por-Bazhyn, Benteng Pulau Misterius di Siberia Rusia


Dari hasil penggalian menunjukkan bahwa benteng Por-Bazhyn dibangun sebagai istana Uyghur pada abad ke-8 M. Kemudian, segera diubah menjadi biara Manichaean, ditinggalkan setelah pendudukan singkat, dan akhirnya dihancurkan oleh gempa bumi dan kebakaran.

Metode konstruksinya menunjukkan bahwa Por-Bazhyn dibangun dalam tradisi arsitektur China dari Dinasti Tang. Seperti teknik hangtu untuk konstruksi dinding tirai, dan langit-langit dougong di struktur interior.



Walaupun studi terbaru menunjukkan bahwa bangunan itu memiliki tipologi gaya Uyghur yang khas. Strukturnya mungkin masih berupa istana karena tata letaknya mirip dengan istana Uyghur di Karabalgasun.

4. Terletak di Pulau Kecil di Tengah Danau
5 Keunikan Por-Bazhyn, Benteng Pulau Misterius di Siberia Rusia


Benteng Por-Bazhyn menempati berada di sebuah pulau kecil di Danau Tere-Khol, sekitar 1.300 meter di atas permukaan laut di pegunungan Sengelen Siberia selatan. Lokasinya 8 km di sebelah barat Desa Kungurtuk di sebelah tenggara Republik Tuva (Federasi Rusia), dekat dengan perbatasan Rusia dengan Mongolia.

Tembok-tembok situs Por-Bazhyn mengelilingi sebuah area berbentuk persegi panjang, berorientasi timur-barat dan menutupi hampir seluruh pulau. Interiornya terdiri dari dua pekarangan besar, kompleks bangunan pusat, dan rangkaian pekarangan kecil di sepanjang dinding utara, barat dan selatan.



Dinding tirai barat dan timur relatif terjaga dengan baik. Gerbang utama, dengan menara gerbang dan tanjakan yang mengarah ke sana, terletak di tengah tembok timur. Bukan tidak mungkin Por-Bazhyn adalah situs ritual atau benteng militer, tetapi untuk mendukung interpretasi ini masih membutuhkan banyak bukti.

5. Tata Letak Mirip Struktur Ibu Kota
5 Keunikan Por-Bazhyn, Benteng Pulau Misterius di Siberia Rusia


Bangunan Por-Bazhyn mencakup area seluas 7,5 hektare dan menyerupai ibu kota Uighur dari Kekhanan Uighur pertama di Karabalgasu. Tata letaknya juga dapat diartikan sebagai kota ideal, terdiri dari dua halaman sejajar, serangkaian halaman kecil tertutup yang membentang di sepanjang interior dinding tirai utara, barat, dan selatan.



Sekitar 30 bangunan berdiri di bagian dalam, berpusat di kompleks pusat yang terdiri dari dua paviliun yang kemungkinan besar digunakan untuk keperluan seremonial dan keagamaan. Ditambah dengan berbagai struktur satu atau dua kamar yang terletak di masing-masing halaman belakang yang lebih kecil.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1987 seconds (0.1#10.140)