Temukan Sinyal Misterius, Ilmuwan Sebut Bisa Membawa ke Masa Lalu

Kamis, 26 Januari 2023 - 07:04 WIB
loading...
Temukan Sinyal Misterius, Ilmuwan Sebut Bisa Membawa ke Masa Lalu
Menurut ahli kosmologi dan salah satu penulis studi deteksi gelombang, Arnab Chakraborty, sinyal radio memungkinkan mereka untuk melihat kembali ke masa lalu. FOTO/ DAILY
A A A
LONDON - Sekelompok ilmuwan berhasil mendeteksi sinyal radio yang diyakini dikirim dari galaksi yang terletak sekitar sembilan miliar tahun cahaya dari Bumi.

BACA JUGA - Stasiun Luar Angkasa Internasional Rusak Terkena Puing Luar Angkasa

Seperti dilansir Daily Mail, tim peneliti dari Kanada dan India mampu mendeteksi sinyal dari galaksi yang dikenal sebagai SDSSJ0826+5630, menggunakan teleskop raksasa di dekat Pune di Maharashtra.

Kabarnya, gelombang radio memungkinkan para astronom untuk memahami awal pembentukan alam semesta yang diyakini berusia sekitar 13,7 miliar tahun.

Menurut ahli kosmologi dan salah satu penulis studi deteksi gelombang, Arnab Chakraborty, sinyal radio memungkinkan mereka untuk melihat kembali ke masa lalu.

“Ini setara dengan melihat kembali ke masa lalu dalam kurun waktu 8,8 miliar tahun,” ujarnya.

Sinyal radio yang diterima tidak dikirim oleh alien, melainkan berasal dari galaksi pembentuk bintang yang dipancarkan saat alam semesta baru berusia 4,9 miliar tahun.

Nyatanya, itu adalah sinyal radio pertama dari jenisnya yang terdeteksi dari jarak yang begitu jauh.

Sementara itu, kata Arnab, galaksi memancarkan berbagai jenis sinyal radio.

“Sampai saat ini kita baru bisa mendeteksi sinyal tertentu dari galaksi-galaksi terdekat sehingga membatasi pengetahuan kita untuk mengetahui galaksi-galaksi yang ada di sekitar bumi,” ujarnya.

Sementara itu, Royal Astronomical Society mengumumkan deteksi sinyal radio tersebut dalam pemberitahuan bulanan mereka.

Dijelaskannya, gelombang sinyal yang terdeteksi merupakan penemuan penting karena frekuensinya berada pada panjang gelombang tertentu yang dikenal dengan `garis 21 cm'.

Garis ini juga dikenal sebagai garis hidrogen dan merupakan garis spektrum radiasi elektromagnetik dengan frekuensi 1420.
(wbs)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1416 seconds (10.177#12.26)