Membedah Bau Mulut dari Sisi Ilmiah dan Cara Manjur Mengatasinya

Rabu, 25 Januari 2023 - 22:44 WIB
loading...
Membedah Bau Mulut dari Sisi Ilmiah dan Cara Manjur Mengatasinya
Bau mulut tidak hanya mengganggu penderitanya tapi juga orang lain. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Semua orang tentu tidak ingin mengalami bau mulut . Selain mengganggu saat beraktivitas, bau mulut atau halitosis juga bisa bikin rasa percaya diri seseorang turun.

Masyarakat umum mengenal bau mulut terjadi karena akumulasi bakteri dalam mulut seseorang. Selain itu bau mulut dianggap sering terjadi karena adanya gangguan metabolisme.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Paulo Nadanovsky dari Institute of Social Medicine at the University of the State of Rio de Janeiro, Brasil mengatakan bahwa halitosis justru tidak hanya terjadi karena adanya gangguan dari mulut saja tapi juga hidung dan saluran hidung.

"Dalam 5 hingga 10 persen kasus ini, bau yang keluar terutama dari hidung, bukan mulut, dan memiliki kualitas yang sangat berbeda," lapor Paulo Nadanovsky.

Tentunya bau yang keluar dari hidung akan membutuhkan penanganan yang berbeda. Begitu juga dengan bau yang keluar dari mulut yang disebabkan oleh kompleksitas tertentu.

Baca juga : Lebih 10 Tahun Hilang, Suzuki Akhirnya Bawa Lagi Grand Vitara Bulan Depan

Membedah Bau Mulut dari Sisi Ilmiah dan Cara Manjur Mengatasinya


Jika kondisi itu terjadi maka penanganan medis memang dibutuhkan. Namun jika bau mulut yang keluar masih dalam kondisi yang normal maka cara penanganan sederhana seperti penggunaan obat kumur masih bisa jadi jalan keluar.

Saat ini obat kumur atau mouthwash biasa dipakai sebagai penghilang bau mulut yang tidak sedap. Obat kumur dipilih karena praktis dan mudah dibawa.

Praktisi oral care dari Spiros, Heriyanto Khi, Head of Research & Development (R&D) menyebut bahwa obat kumur memang adalah salah satu cara efektif hilangkan bau mulut tak sedap secara cepat dan mudah. Namun perlu diingat, tidak semua obat kumur yang ada di pasaran baik digunakan.“Pilihlah obat kumur yang tak hanya sebagai pembersih, tapi juga harus berfungsi sebagai mouth sanitizer,” kata Heriyanto.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3998 seconds (11.252#12.26)