Israel Ingin Pesawat Tempur F-15 EX Fighters Milik AS, Ini Kelebihannya!

Kamis, 26 Januari 2023 - 08:13 WIB
loading...
Israel Ingin Pesawat Tempur F-15 EX Fighters Milik AS, Ini Kelebihannya!
Terdapat sejumlah kelebihan F-15EX fighters milik AS yang ingin Israel miliki. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah kelebihan F-15EX fighters milik AS yang ingin Israel miliki. F-15 EX Fighters merupakan pesawat tempur yang memiliki sejumlah kelebihan dibanding lainnya.

Jet tempur jenis F-15 telah dikembangkan oleh Angkatan Udara Amerika Serikat (AS) dan pertama kali diterbangkan pada Juli 1972.

F-15 EX Fighters adalah versi yang paling terbaru dari F-15 dan digadang-gadang telah dibekali dengan segudang kelebihan di dalamnya.

Baca juga : Spesifikasi Jet Tempur Jepang F-15 J Eagle yang Mencegat Drone Pengintai China Paling Canggih

Berikut lima kelebihan yang dimiliki oleh F-15 EX fighters milik AS yang Ingin Israel miliki

1. Memiliki Badan Pesawat yang Lebih Kuat

Dikutip dari situs web airandspaceforces, F-15EX baru akan memiliki tulang yang kuat dan dapat bertahan lama hingga 20.000 jam. Waktu tersebut berarti seluruh body nya akan bertahan baik hingga tahun 2040-an atau 50-an.

Selain bertahan lama karena faktor alam, kekuatan yang dimiliki dari jet tempur ini juga dapat kokoh ketika mendapat serangan dari pesawat tempur musuh. Maka dari itu militer Amerika menjadikan F-15 sebagai andalan untuk Angkatan Udaranya.

2. Memiliki Tangki Bahan Bakar yang Lebih Besar

Tangki bahan dari jet tempur F-15 Ex tergolong lebih besar dari ukuran biasanya. Hal ini bertujuan agar dapat memperpanjang waktu penerbangan di udara.

Meskipun memiliki tangki bahan bakar yang besar, bentuknya tetap bisa disembunyikan. Sehingga tidak mengganggu aktivitas penerbangan dan pesawat bisa terbang lebih datar dan horizontal.

3. Memiliki Kapasitas Penampung Senjata yang Lebih Besar

Meski tampak memiliki beberapa atribut siluman, Jet tempur andalan Amerika serikat ini berbeda dengan pesawat tempur pada umumnya. Hal ini dikarenakan F-15 EX memiliki kapasitas penampung senjata yang lebih besar dibanding jet tempur siluman lainnya.

Dikutip dari situs web military, Setiap F-15 EX Fighters Amerika Serikat mampu membawa hampir 30.000 pon senjata. Sedangkan pesawat siluman pada umumnya hanya mampu membawa 5.700 pon saja.

Baca juga : Spesifikasi Jet Tempur F-35 Israel yang dikandangkan

4. Memiliki Elektronik Eagle Passive atau Active Warning dan Survivability System (EPAWSS)

Elektronik Eagle Passive atau Active Warning dan Survivability System tentu dapat meningkatkan efektivitas misi dan kemampuan bertahan bagi operatornya.

Selain itu dikutip dari airspace-review, EPAWSS F-15EX telah berhasil membuktikan bahwa mereka dapat tampil di lingkungan kekuatan besar untuk menembus pertahanan udara musuh yang canggih serta dapat meningkatkan fleksibilitas misi.

5. Memiliki Kecepatan yang Sangat Tinggi

F-15 EX Fighters merupakan salah satu kategori jet tercepat yang pernah ada diantara militer yang ada di dunia. Kecepatan dari jet ini mencapai 1.875 mph, sehingga dapat digunakan untuk menghindari serangan dengan cepat.

Dikutip dari timesofisrael, Melihat kecanggihan yang dimiliki oleh F-15 EX Fighters buatan Amerika Serikat. Membuat Israel telah memesan sebanyak 25 Jet untuk meningkatkan kemampuan Angkatan Udaranya dalam misi penyerangan terhadap Iran.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1717 seconds (0.1#10.140)