5 Kecanggihan GBU-57 Amerika Serikat, Nomor 3 dapat Menuju Sasaran dengan Tepat

Senin, 30 Januari 2023 - 18:22 WIB
loading...
5 Kecanggihan GBU-57 Amerika Serikat, Nomor 3 dapat Menuju Sasaran dengan Tepat
Amerika Serikat (AS) telah meluncurkan Massive Ordnance Penetrator (MOP), atau dikenal sebagai GBU-57 aada tahun 2009 lalu. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Amerika Serikat (AS) telah meluncurkan Massive Ordnance Penetrator (MOP), atau dikenal sebagai GBU-57 pada tahun 2009 lalu. GBU-57 merupakan bom yang memiliki daya ledak terbesar di antara militer lainnya di dunia.

Pembom khusus yang telah dilengkapi dengan teknologi siluman ini merupakan satu-satunya pesawat tempur canggih milik Angkatan Darat AS yang dianggap mampu untuk menaklukan musuhnya dengan sempurna.

Baca juga : Ini Perbandingan Tsar Bomba Rusia dengan Bom Atom Amerika Serikat

Berikut lima kecanggihan dari GBU-57 milik Amerika Serikat.

1. Bom dengan Daya Ledak Terbesar

GBU-57 merupakan bom yang memiliki daya ledak terbesar di antara militer lainnya di dunia. Daya ledak dari bom ini memiliki radius hingga 1,5 Km dari titik pusat ledakan.

Dengan adanya daya ledak tersebut, bom yang satu ini menjadi andalan militer Angkatan Udara AS dibandingkan dengan generasi sebelumnya yakni GBU-43-B.

2. Memiliki Kekuatan Setara dengan Nuklir

GBU-57 adalah jenis bom yang sudah terintegrasi dengan GPS sepanjang 20 kaki yang diyakini mampu menembus 200 kaki beton yang terkubur di dalam tanah.

Meskipun bukan berasal dari tenaga nuklir, senjata ini mempunyai daya ledak seperti nuklir dengan skala kecil. Sehingga dapat menghancurkan bunker yang kuat sekalipun.

3. Dapat Menuju Sasaran dengan Tepat

Dengan dilengkapi dengan teknologi GPS, GBU-57 sangat memungkinkan untuk menembak sasaran dengan tepat. Bahkan ketika musuh terkubur di dalam tanah, senjata ini mampu menerobosnya.

Kemampuan yang dimilikinya tersebut membuat GBU-57 menjadi alat pertama untuk membuka jalan bagi prajurit yang akan terjun di medan peperangan.

Baca juga : 3 Dampak Jika Rusia Mengirimkan Bom Nuklir ke Amerika Serikat

4. Dapat membersihkan Ranjau

Menjadi Bom yang memiliki terberat yang pernah ada membuat GBU-57 dapat membersihkan semua ranjau yang ada di peperangan.

Berat dari bom ini mencapai 30.000 pound atau setara dengan 13,6 ton. Sehingga GBU-57 memiliki kemungkinan mampu membersihkan semua ranjau musuh dengan ledakan besarnya.

5. Dapat Meledak di Waktu yang Tepat

Teknologi GPS yang dimilikinya dapat membuat GBU-57 meledak sesuai dengan perintah yang terhubung dengan GPS tersebut. Sehingga dapat meminimalisir kesalahan pada saat melakukan misi.

Dikutip dari situs web medium, GBU-57 bersama militer Angkatan Darat Amerika Serikat pernah berhasil dalam menghancurkan bunker. Adapun bunker yang pernah dihancurkan oleh Bom ini adalah bunker di Iran, Suriah atau Korea Utara.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1662 seconds (0.1#10.140)