Sabtu, 04 Februari 2023 - 19:23 WIB
5 Dinosaurus Pemakan Tumbuhan, Nomor 4 Punya Tubuh Lapis Baja
Dinosaurus pemakan tumbuhan atau herbivora merupakan salah satu kelompok dinosaurus yang paling menonjol karena paling banyak jumlahnya. Foto/dinosaur-universe
JAKARTA - Dinosaurus pemakan tumbuhan atau herbivora merupakan salah satu kelompok dinosaurus yang paling menonjol karena paling banyak jumlahnya. Dinosaurus pemakan tumbuhan atau dinosaurus herbivora terbagi dalam dua keluarga utama, yaitu Sauropoda herbivora dan Ornithischia herbivora.

Sauropoda herbivora memiliki ciri khas penggerak merangkak dengan bentuk pinggul seperti kadal, leher panjang, dan tulang belakang besar. Dinosaurus dengan gigi geraham ini juga beradaptasi dengan sempurna untuk merobek dan menelan daun tanpa mengunyahnya.

Ornithischia herbivora punya bentuk pinggul yang mirip dengan burung, yang memungkinkan bergerak dengan kaki belakangnya. Rahang dan gigi beberapa dinosaurus ini mirip dengan burung untuk merobek daun dan buah sambil menghancurkannya sebelum dicerna.

Dinosaurus herbivora memiliki keistimewaan yang paling menakjubkan, karena beberapa spesies berevolusi menjadi burung modern. Berikut 5 dinosaurus herbivora yang terkenal dirangkum dari laman dinosaur-universe, Sabtu (4/2/2023).

1. Diplodocus, Dinosaurus Leher Sangat Panjang
5 Dinosaurus Pemakan Tumbuhan, Nomor 4 Punya Tubuh Lapis Baja

Diplodocus merupakan salah satu dinosaurus herbivora yang paling terkenal karena memiliki leher panjang dan bergerak dengan empat kaki. Dinosaurus pemakan tumbuhan ini merupakan anggota keluarga Sauropod.

Dengan tinggi 13 meter dan panjang 35 meter, dinosaurus ini cukup mengesankan dari periode Jurassic. Dinosaurus ini hidup di Amerika Utara bagian Barat dan dikenal sebagai salah satu hewan terbesar yang pernah ada.

2. Stegosaurus, Dinosaurus Lapis Baja