Dinosaurus Minggir Dulu, Ini Hewan-hewan yang akan Dibangkitkan dari Kepunahan

Minggu, 05 Februari 2023 - 07:00 WIB
loading...
Dinosaurus Minggir Dulu, Ini Hewan-hewan yang akan Dibangkitkan dari Kepunahan
Burung dodo (kanan) dan mammooth merupakan dua dari tujuh hewan yang rencananya akan dibangkitkan kembali. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Ilmuwan di dunia terus berupaya membangkitkan kembali hewan-hewan yang telah punah . Baru-baru ini saja sekelompok ilmuwan dari Colossal Biosciences berencana mengembalikan lagi burung dodo yang telah punah pada 1662.

Rencana ambisius ini mungkin akan dilaksanakan mengingat perusahaan yang berbasis di Dallas, Amerika Serikat, tersebut telah mendeskripsikan seluruh genom dodo. Namun itu baru langkah awal upaya besar tersebut.

Pasalnya untuk membangkitkan burung dodo, masih banyak yang mesti dilakukan. Sebab, peneliti tidak bisa menciptakan kembali kehidupan burung dodo dari awal. Jadi mereka harus mencari cara untuk menyematkan gen dodo ke dalam embrio burung yang masih hidup dan ini bukan tugas yang mudah.

Colossal Biosciences justru tidak hanya sekali ini berencana membangkitkan kembali hewan-hewan yang telah lama punah. Masih ada beberapa hewan lainnya yang akan mengejutkan masyarakat dunia jika berhasil dibangkitkan.

Uniknya Colossal Biosciences justru tidak terpikir untuk membangkitkan kembali dinosaurus.Padahal berkaca dari film yang sudah ada, Jurassic Park , kemungkinan itu seperti terbuka lebar.



Benarkah? Dalam film tahun 1993 itu diceritakan dinosaurus bisa dibangkitkan dengan dibangkitkan menggunakan nyamuk berisi DNA yang telah diawetkan dalam damar selama jutaan tahun.

Masalahnya menurut Daily Mail ketika ambar mengawetkan sesuatu, pengawetan cenderung terjadi pada kulit. Bukan pada jaringan lunak. Artinya Anda tidak mendapatkan darah yang terawetkan di dalam nyamuk dalam amber.

Memang nasih mungkin untuk menemukan residu darah di dalam serangga purba. Tetapi itu tidak berarti akan ada DNA di dalamnya, dan bahkan jika ada, tidak banyak gunanya menghidupkan kembali dinosaurus dari kematian.

Jadi inilah mengapa tidak ada kesempatan untuk melihat dinosaurus berjalan di bumi lagi. Dari situlah Colossal Biosciences beralih kepada hewan-hewan lain yang telah punah juga.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1934 seconds (0.1#10.140)