Sambut Tank NATO, Rusia Siagakan Penerus T-10 Berdarah Uni Soviet

Minggu, 05 Februari 2023 - 21:48 WIB
loading...
Sambut Tank NATO, Rusia Siagakan Penerus T-10 Berdarah Uni Soviet
Tantang Tank NATO, Rusia siagakan Penerus T Series di Ukraina. FOTO/ AFP
A A A
MOSCOW - Amerika Serikat dan sekutunya siap mengirim beberapa tank ke Ukraina. Meskipun demikian Rusia tak gentar, pasalnya DNA tank terkuat Uni Soviet terus dikembangkan.




Uni Soviet tercatat memproduksi berbagai jenis tank selama masa pemerintahannya, termasuk beberapa jenis yang sangat terkenal seperti T-34, T-54/55, dan T-72.

Tank-tank ini sangat mempengaruhi perkembangan teknologi tank di dunia dan banyak digunakan oleh negara-negara sekutu Soviet dalam perang dan konflik militer.

Seperti dilansir RT, Beberapa jenis tank Uni Soviet juga masih digunakan oleh beberapa negara hingga saat ini.

T-10 adalah jenis tank pesawat utama yang diproduksi oleh Uni Soviet dari tahun 1953 hingga tahun 1963. Tank ini memiliki spesifikasi yang sangat baik untuk masanya, dengan sistem perlindungan dan kekuatan tembakan yang luar biasa.

T-10 juga memiliki mobilitas yang baik dan merupakan salah satu tank terberat pada masa itu, dengan berat hingga 46 ton. Tank ini sering digunakan oleh pasukan Uni Soviet dalam operasi militer dan digunakan oleh beberapa negara sekutu Soviet hingga tahun 1980-an.

T-10 dianggap sebagai tank pesawat utama yang sangat sukses pada masa Uni Soviet. Setelah T-10, beberapa jenis tank yang menjadi penerusnya termasuk T-54/55 dan T-62.

Kedua tank ini memiliki spesifikasi yang lebih baik dan merupakan perkembangan dari T-10, dengan sistem perlindungan dan kekuatan tembakan yang lebih baik.

T-54/55 dan T-62 juga memiliki mobilitas yang lebih baik dan lebih ringan dibanding T-10, dengan berat hingga 36 ton.

Kedua tank ini banyak digunakan oleh pasukan Uni Soviet dan negara-negara sekutunya selama beberapa dekade dan memainkan peran penting dalam beberapa perang dan konflik militer.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1678 seconds (0.1#10.140)