Total Punya 92, Jupiter Kalahkan Saturnus sebagai Planet dengan Bulan Terbanyak

Senin, 06 Februari 2023 - 18:46 WIB
loading...
Total Punya 92, Jupiter Kalahkan Saturnus sebagai Planet dengan Bulan Terbanyak
Jupiter kembali menyadang status sebagai planet yang memiliki bulan paling banyak mengalahkan Saturnus. Foto/Air and Space
A A A
WASHINGTON - Jupiter kembali menyadang status sebagai planet yang memiliki bulan paling banyak mengalahkan Saturnus. Setelah ditemukan 12 bulan baru, total Jupiter punya 92 bulan dan Saturnus ada 83 bulan.

Sebanyak 12 bulan baru Jupiter ditemukan astronom Scott Sheppard dari Carnegie Institution for Science secara tak sengaja saat perburuan Planet Sembilan. Selama pengamatan ditemukan sejumlah besar bulan Jovian yang sebelumnya tidak diketahui.

Orbit bulan, yang tidak disebutkan namanya, telah diterbitkan International Astronomical Union's Minor Planet Center, yang mencatat semua benda kecil yang ditemukan di Tata Surya. “Jupiter kebetulan berada di langit dekat bidang pencarian tempat kami mencari objek Tata Surya yang sangat jauh,” kata Sheppard dikutip dari laman sciencealert, Senin (6/2/2023).



Para peneliti menggunakan teleskop yang lebih kuat, memperbesar resolusi, melintasi bidang pandang yang lebih luas daripada pengamatan lain di masa lalu. Ini memungkinkan mereka untuk melihat bulan-bulan kecil yang mungkin lolos dari deteksi sebelumnya.

Menurut Sky & Telescope, sembilan (dari 12) bulan yang baru ditemukan cukup jauh dari Jupiter, mengorbit dalam gerakan retrograde, berlawanan arah dengan rotasi Jupiter. Ini tidak aneh; sebagian besar bulan Jupiter mengalami kemunduran. Gerakan ini berarti mungkin melewati bebatuan yang terperangkap oleh gravitasi Jupiter dan tetap berada di orbit.

Tiga bulan lainnya lebih dekat ke planet, dan mengorbit ke arah yang sama dengan rotasi Jupiter. Bulan-bulan prograde yang lebih kecil ini lebih sulit dilihat karena Jupiter lebih bersinar daripada mereka, tetapi mungkin terbentuk di orbit Jovian.

Bulan terlihat pada tahun 2021 dan 2022. Apa pun yang berada di dekat Jupiter yang bergerak melintasi langit dengan arah dan kecepatan yang sama adalah bulan potensial, tetapi untuk memastikannya membutuhkan waktu.



Pengamatan lanjutan perlu dilakukan, sebulan kemudian setahun kemudian, untuk memastikan bahwa objek tersebut masih ada, masih mengorbit Jupiter. Pengamatan lanjutan ini kemudian juga dapat digunakan untuk memetakan orbit objek.
Total Punya 92, Jupiter Kalahkan Saturnus sebagai Planet dengan Bulan Terbanyak


Ini dapat memberi tahu kita tentang sejarah Jupiter dan bulan-bulannya. Misalnya, bulan retrograde dianggap sebagai sisa-sisa dari tiga benda lebih besar yang ditangkap di orbit Jovian dan kemudian pecah setelah bertabrakan dengan objek lain.

Namun salah satu bulan yang ditemukan beberapa tahun lalu, Valetudo, memiliki orbit prograde yang melintasi orbit bulan retrograde. Hal ini menunjukkan bahwa bulan retrograde tercipta oleh tabrakan dengan bulan prograde dengan orbit seperti milik Valetudo.

Menemukan lebih banyak bulan akan membantu memvalidasi atau menyangkal ide ini. Sementara itu, kemungkinan besar ada lebih banyak bulan di sekitar Jupiter dan Saturnus yang belum kita temukan. Dan, tidak masalah planet mana yang memiliki lebih banyak bulan.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2014 seconds (0.1#10.140)