SpaceX Pastikan Roket Starship Meluncur Maret Mendatang

Senin, 06 Februari 2023 - 23:01 WIB
loading...
SpaceX Pastikan Roket Starship Meluncur Maret Mendatang
Roket Starship diapstikan meluncur Maret mendatang. FOTO/ CNET
A A A
TEXAS - SpaceX siap meluncurkan sistem roket Starship mereka pada bulan Maret mendatang. Hal ini telah dikonfirmasi langsung oleh pimpinan perusahaan, Elon Musk.



Dalam sebuah cuitan di akun Twitternya, miliarder yang pernah bertengger di posisi pertama orang terkaya di dunia itu mengatakan bahwa peluncuran akan dilaksanakan jika rangkaian uji coba yang terus dilakukan membuahkan hasil yang baik.

Sayangnya ia tidak menyebut secara rinci tanggal peluncuran roket Starship tersebut, tapi yang jelas dari pernyataannya itu, bisa dilihat besarnya keyakinan Elon Musk bahwa ia dapat membawa roket Starship rancangannya di tahun ini.

"Jika tes yang tersisa berjalan dengan baik, kami akan mencoba peluncuran Starship bulan depan," kata Musk menanggapi tweet pengguna tentang Starship, seperti dikutip pada Senin (6/2/2023).

Elon Musk sendiri pada bulan Januari kemarin mengatakan akan ada 'aksi nyata' untuk meluncurkan Starship pada akhir Februari. Dan ini bukan pertama kalinya Musk menjanjikan jadwal peluncuran roket yang akan menuju bulan tersebut.

SpaceX, sejak tahun lalu, telah meluncurkan Starship raksasanya ke orbit untuk pertama kalinya, menjadikan peluncuran itu sebuah penerbangan demonstrasi penting karena bertujuan untuk menerbangkan astronot NASA ke Bulan.

Tapi pengumuman itu dianggap sejumlah pihak terlalu prematur karena fasilitas produksi dan uji terbang Boca Chica SpaceX belum menerima izin dari Administrasi Penerbangan Federal AS (FAA).

Di luar prediksi, pada bulan Juni tahun lalu, FAA menyetujui penilaian lingkungan akhir dari program roket Super Heavy yang diusulkan perusahaan roket.

FAA menerbitkan penilaian yang menyimpulkan bahwa rencana SpaceX untuk peluncuran orbit tidak akan berdampak signifikan pada wilayah di sepanjang Pantai Teluk.

Namun, itu menempatkan lebih dari 75 persyaratan yang harus dipenuhi perusahaan untuk meminimalkan dampak pada daerah sekitarnya saat mulai mengoperasikan pesawat luar angkasa Starship.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2145 seconds (0.1#10.140)